Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 4.000 e-KTP di Kecamatan Sagulung Belum Dicetak
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 21-10-2019 | 16:29 WIB
kantor-camat-sagulung1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kantor Camat Sagulung. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rentang waktu pertengahan 2018 hingga Oktober 2019, sebanyak 4.000 e-KTP di Kecamatan Sagulung belum bisa dicetak. Hal ini merupakan imbas dari persoalan blangko yang tak kunjung selesai.

Sekretaris Camat (Sekcam) Sagulung, Hardianus mengatakan jumlah e-KTP yang belum dicetak itu akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Termasuk remaja dan pendatang dari luar Batam yang menetap di Kecamatan Sagulung.

"Sebanyak 4.000 e-KTP belum dicetak antara rentang waktu pertengahan 2018 hingga Oktober 2019," ujarnya, Senin (21/10/2019) di kantornya.

Hal lainnya, meski blangko hingga saat ini kosong, Hardianus mengabarkan bahwa pihaknya akan tetap melayani warga yang melakukan perekaman data. Dan untuk sementara akan diberikan surat keterangan (Suket).

"Kita akan tetap layani perekaman data untuk warga yang mengajukan. Hanya saja akan diberikan suket," terangnya.

Sementara itu, saat ditanyakan perihal 4.000 e-KTP yang belum dicetak tersebut, Hardianus hanya mengatakan alasan utamanya karena keterbatasan pasokan blangko dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Batam.

"Alasan pasokan blangko dari pusat juga tidak lancar. Hanya saja perihal ini lebih lengkapnya baik ditanya ke Disdukcapil saja," pungkasnya.

Editor: Yudha