Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rental Jangan Pinjamkan Mobil kepada yang Tak Miliki SIM
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 14-10-2019 | 14:40 WIB
razia-batuaji.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Satlantas Polresta Barelang bersama Upt Samsat Batuaji di depan Top-100 Tembesi, Kecamatan Sagulung Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Razia Badan Pengelolaan Pajak dan Pendapatan Daerah (BP2RD) yang dilaksanakan oleh Upt Samsat Batuaji Batam bersama Satlantas Polresta Barelang berhasil amankan puluhan kendaraan roda dua dan roda empat.

Di antara kendaraan yang berhasil diamankan tersebut terdapat hal yang cukup menarik, yakni adanya pengemudi mobil rental yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan juga tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang ia rental.

Mengetahui hal ini, Sofrinal Kasubnit I Turjawali Satlantas Polresta Barelang mengatakan hal ini harus menjadi perhatian khusus para pemilik rental mobil di kota Batam.

Kepada pemilik rental Sofrinal mengimbau agar asal jangan merentalkan kendaraan, sementara perental tidak memiliki SIM. Hal ini justru menyalahi aturan utama dalam berkendaraan.

"Kita imbau kembali khususnya kepada pemilik mobil rental, karena pas kita lakukan kegiatan razia di Top-100 Tembesi, kita jumpai ada salah satu pengedara yang menggunakan mobil rental namun dia tidak memiliki SIM," ujarnya, Senin (14/10/2019) di lokasi Razia, Top-100 Tembesi, Kecamatan Sagulung Batam.

"Saat kita hentikan dan tanyakan STNK mobil rental itu juga tidak bisa ia kasih, dan yang mengendarai kendaraan tidak ada SIM, jadi terpaksa kita tahan terlebih dahulu kendaraanya," tambahnya lagi.

Karena itu kata Sofrinal, ia mengimbau dengan tegas kepada pemilik rental agar bisa menyerahkan STNK dan tetap teliti ketika akan merentalkan kendaraannya, jangan merentalkan kendaraan jika perental tidak memiliki SIM.

"Nanti kita cari juga pemilik rentalnya dan mendatanginya dan memberi imbauan langsung," pungkasnya.

Sementara itu, pengemudi mobil rental tersebut saat diwawancara mengakui memang tidak membawa SIM dan STNK. Ia katakan bahwa niatnya hany ingin pergi ke water boom Top-100, Tembesi untuk berenang dan tidak menyangka akan berakhir seperti ini.

"Iya gak ada SIM bang. Tadi ke sini niatnya mau berenang bareng teman-teman," ujar perempuan yang merental mobil tersebut singkat, dan tidak ingin menyebutkan namanya.

Editor: Dardani