PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Basarnas Natuna Beri Pelatihan Penulisan Berita Kecelakaan di Darat, Luat dan Udara
Oleh : Kalit
Minggu | 13-10-2019 | 08:32 WIB
basarnas_natuna.jpg honda-batam
Coffe Morninf Basarnas Natuna dengan Insan Pers Natuna (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Barsanas) Kelas B Natuna memberikan pelatihan mengenai tata cara penulisan berita mengenai kecelakaan baik di darat, laut dan udara kepada para wartawan di Natuna.

Hal ini disampaikan, Mexianus Bekabel pada acara coffee morning dengan insan pers Natuna pada Sabtu (12/10/2019) pagi di Gedung Kantor Basarnas, Jalan Adam Malik.Ranai, Natuna, Kepulauan Riau.

Menurut Mexianus, saat terjadi kecelakaan, pihaknya akan berusaha langsung mengeluarkan releas press untuk media. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pemberitaan yang keliru.

Jika berlandaskan dari peraturan yang berlaku, maka Basarnas akan memberikan laporan secara update tentang kondisi lapangan pada saat terjadi kecelakaan

"Bila terjadi kecelakaan, baik di darat,laut dan udara, kita yang akan mengeluarkan keterangan resmi bersama TNI polri dan instansi terkait" ucap Mexi sapaan akrab Mexianus Bekabel ini/

Namun, Mexi menyadari dengan keadaan sekarang, belum terealisasi seutuhnya karena personilnya masih belajar dan berupaya untuk semakin profesional dalam menjalankan tugas yang diembannya.

"Saat ini kantor kita tipe B, namun jumlah personil masih 30 % saja, kita akan mengajukan kepada atasan untuk nanti nya putra putri daerah Natuna dapat direkrut," paparnya.

Bersama instansi lainya, Basarnas juga bersinergitas setiap ada kejadian kecelakaan seperti waktu lalu, ketika warga Kecamatan Pulau Laut tenggelam di Perairan Seluan/

Atas kerja sama masyarakat di Kecamatan Pulau Laut, Lanal kemudian berkordinasi dengan kapal KRI dan kapal Basarnas, sehingga nelayan tersebut akhirnya dapat di evakuasi.

"Tujuan kita mulia, murni untuk membantu disaat terjadi kecelakaan,namun biar tidak terjadi kebingunan pada publik, pemberitaan harus terkordinir dengan baik, kita akan berusaha mengeluarkan press release," erang Maxi

Ditambahnya, antara Pemerintah Daerah Natuna, TNI, Polri, Basarnas dan masyarakat Natuna saling bersinergitas. Tujuan utama Basarnas adalah untuk menyelamatkan bila ada kecelakaan.

"Sselanjutnya nanti akan kordinasi dengan pihak kepolisian, sementara untuk keadaan laut Natuna, peran dari Angkatan Laut sangat berpengaruh, katanya.

Pada kesempatan ini, Mexi yang akrab dengan insan pers Natuna juga memberikan pelatihan pertolongan dasar. Ditegaskannya, untuk team resque harus mempunyai pengalaman dan sertifikat sebelum terjun kelapangan membantu para korban kecelakaan baik di laut dan darat, serta mematuhi segala Standard Operasi Pengamanan (SOP).

Ia menambahkan, Kepala Basarnas pusat memberikan aspriasiasi terhadap Insan Pers di Natuna yang selalu aktif saat liputan bencana ketika dirinya berkunjung ke Natuna.

Editor: Surya