PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Kedua Flying Psichologist, Prajurit Lantamal IV Ikuti Test Tingkat Stres
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 11-10-2019 | 16:40 WIB
test-lantamal11.jpg honda-batam
Kegiatan Flying Psichologist Prajurit Lantamal IV. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kegiatan Flying Psichologist yang diselenggarakan tim dari Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Dispsial) memasuki hari ke dua.

Kegitan yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Markas Komando (Mako) Lantamal IV ini meliputi senam mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanan, kemudian dilanjutkan dengan test tingkat stress baik untuk prajurit dan PNS serta keluarga

"Senam adalah sebuah kegiatan atau aktivitas kebugaran dengan cara menggerakkan tubuh guna memperkuat otot dan jaringan sel. Senam sendiri sangat digemari oleh banyak orang, sebab terkesan cukup mudah dilakukan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan," kata Mayor Laut (P) Pris Arie Wibowo, Jumat (11/10/2019).

Ia menjelaskan, senam tak hanya bisa digunakan pada tubuh saja, tapi juga bisa diterapkan pada otak. Hal ini pun sudah tidak asing dengan istilah brain gym atau senam otak.

"Secara nalar, otak memang tidak bisa digerakkan, tapi pada brain gym bukan otak yang kita gerakkan, melainkan bagian tubuh lainnya yang langsung terintegrasi dengan otak," ujarnya.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa manfaat dari senam otak adalah meningkatkan fokus, percaya diri, menghilangkan stress, memperlancar aliran darah dan oksigen menuju otak, mempengaruhi otak untuk dapat bekerja maksimal dan memicu otak agar tidak kehilangan daya intelektual, fungsi memori, kreatifitas, sekaligus meningkatkan kesehatan fisik.

Setelah memberikan paparan dilajutkan dengan praktek senam otak brain gym, pihaknya juga melaksanakan test tingkat stress bagi seluruh peserta.

"Tujuannya adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat stress yang dialami oleh prajurit, pns dan keluarga, sehingga dengan dilaksanakan senam otak dapat membantu masalah stress yang dialami," tegasnya.

Acara Flying Psicologist berkahir dengan pelayanan konsultasi baik unutk prajurit, Pns dan keluarga tentang konsultasi untuk pendidikan, pengembangan minat, bakat serta pemecahan permasalahan yang mungkin timbul di tengah-tengah keluarga prajurit dan PNS.

Editor: Yudha