PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pastikan Tak Terpapar Narkoba, Rutan Batam Adakan Test Urine Terhadap 101 Pegawainya
Oleh : Hendra
Jum\'at | 11-10-2019 | 12:28 WIB
test-urine.jpg honda-batam
Proses test urine di Rutan Kelas IIA Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Demi meningkatkan kinerja pegawai dan memastikan anggotanya tidak terdampak narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba). Sebanyak 101 pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Batam jalani tes urine yang digelar oleh jajaran BNN Kota Batam secara mendadak, Jumat (11/10/2019) pagi.

Nantinya dari hasil tes urine ini akan terungkap jika ada pegawai yang terdampak pengunaan narkoba, meski sebelum kegiatan dimulai, Kepala Rumah Tanahan (Karutan), Robinson Perangin-angin mengharapkan seluruh petugas dinyatakan negatif narkoba.

Hal lainnya, disebutkan tes urine ini digelar serentak oleh Rutan dan juga Lapas se-Kepri. Kegiatan ini dilakukan secara mendadak bagi pegawai Rutan dan Lapas.

"Hal ini dilakukan untuk memanilisir peredaran narkoba di dalam lingkup Rutan dan Lapas. Karna peredaran narkoba ini sangat berpengaruh akan kinerja dan lingkungan sekitar rutan juga," ujar Robinson.

"Kan gak enak didengar pegawai Rutan yang menjaga tahanan narkotika malah terpapar narkotika juga," tambahnya.

Sementara itu, Heri Agus Kepala Pengamanan Rutan Batam mengatakan, hal ini cara yang dilakukan untuk meminimalisir peredaran narkoba di lingkup Rutan, karena seperti yang disampaikan Karutan, tidak etis jikalau pegawai Rutan yang notabenenya bertugas menjaga tahanan narkoba malah terpapar narkoba juga.

"Apabila ada pegawai yang kedapatan memakai narkoba, bisa langsung kena sangsi disiplin. Bahkan bisa kena sangsi hingga sampai 2 bulanan," terang Heri singkat.

Editor: Gokli