Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Jadi Pilot Project Pengembangan Transportasi Perkotaan
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 11-10-2019 | 11:04 WIB
trans-batam2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepri mengatakan saat ini Kota Batam menjadi salah satu pilot projek pengembangan transportasi perkotaan yang diberi nama Sustainable Urban Transport Indonesia Nationally Appropriate Mitigation Action (Sutri Nama) di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Provinsi Kepri, H Isdianto saat menandatangani MoU proyek transportasi perencanaan Kota Batam di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Isdianto, proyek Sustainable Urban Transport Indonesia Nationally Appropriate Mitigation Action (Sutri Nama) ini merupakan program yang bertujuan agar kota-kota di Indonesia dapat berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim.

"Caranya melalui kebijakan transportasi dan proyek infrastruktur yang berkelanjutan yang didukung oleh program nasional transportasi perkotaan," ungkap Isdianto, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Menurut Isdianto, ruang lingkupnya proyek transportasi perkotaan yang berkelanjutan yang mencakup 5 kota percontohan, salah satunya Batam. "Selain Bandung, Pekanbaru, Makassar dan Semarang. Pengembangan transportasi berkelanjutan terpadu, untuk menyukseskan pengembangan kota dan membentuk kota yang semakin nyaman harus kita dukung," Isdianto.

Dijelaskan Isdianto, Indobus adalah Indonesian Bus Rapid Transit Corridor Development Project. Program ini merupakan komponen teknis tambahan dari program Sutri Nama untuk memberikan bantuan teknis kepada kota percontohan untuk melaksanakan Sistem Bus Rapid Transit (BRT) dengan lajur khusus.

"Dengan dipilihnya Batam sebagai pilot project, diharapkan moda transportasinya semakin baik. Selain itu juga bisa menjadi percontohan daerah-daerah lain, baik di Kepri maupun kota-kota lainnya," ungkap Isdianto.

Nantinya, melalui program transportasi ini dapat meningkatkan perkembangan transportasi berkelanjutan terpadu untuk menyukseskan pengembangan kota dan membentuk kota yang semakin nyaman.

Editor: Gokli