Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, IJTI Pengda Kepri Gelar Uji Kompetensi Jurnalis Televisi di Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 10-10-2019 | 18:52 WIB
persiapan-UKJ-IJTI1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Persiapan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan jurnalis televisi se-Sumatera siap mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Telivisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Kepri.

Bertempat di Room Singapura Harmoni One, Batam Centre, Kota Batam, kegiatan dijadwalkan dimulai besok, Jumat (11/10/2019) pagi pukul 08.00 WIB, dan berlangsung hingga Minggu (13/10/2019) mendatang. Memasuki H-1, segala persiapan telah dimatangkan panitia.

Ketua Panita, Gusti Yennosa, mengungkapkan uji kompetensi ini merupakan kegiatan perdana diadakan oleh IJTI Pengda Kepri dan menjadi gebrakan pertama sejak IJTI lahir di Kepri pada tahun 2007 lalu.

"Segala persiapan untuk lancarnya pelaksanaan uji kompetensi bagi para jurnalis televisi ini juga sudah kita matangkan. Ini menjadi gebrakan pertama untuk IJTI Pengda Kepri," ujar Gusti yang akrab dipanggil Oca ini, Kamis (10/10/2019) sore.

Hingga satu hari menjelang kegiatan, puluhan jurnalis dari berbagai daerah di Sumatera telah mengkonfirmasi kehadirannya.

Bahkan, beberapa di antaranya telah datang di Batam. Saat ini, panitia juga mulai sibuk menjemput para peserta dan megarahkan ke tempat penginapan yang telah disiapkan.

"Para peserta sudah ada yang tiba di Batam. Kami sudah membagi tugas untuk melakukan penjemputan. Begitu juga untuk para penguji dijadwalkan datang besok pagi," jelasnya.

Banyaknya dukungan agar terselenggaranya kegiatan ini lanjut Oca, membuat ia dan semua pengurus sangat optimis berjalan dengan lacar.

"Ini adalah pengalaman pertama kami. Kami juga optimis kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar hingga akhir. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan IJTI Pengda Kepri," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua IJTI Pengda Kepri, Agus Fathurohman mengatakan, UKJTV ini dilaksanakan di Kepri lantaran masih banyak jurnalis yang berada di Sumatera khususnya di Kepri yang belum mengikuti UKJTV.

Selain itu, penyelenggaraan UKJTV ini juga sebagai upaya agar seluruh anggota IJTI dapat melaksanakan tugas secara mumpuni dan secara kaidah jurnalistik. Serta melahirkan jurnalistik televisi yang berkualitas.

"Dengan UKJTV ini, jurnalis televisi diuji kemampuannya hingga layak terverifikasi. Ujian ini juga dapat meningkatkan kemampuan mereka, menjalankan tugas secara mumpuni dan memahami tugas secara kode etik," ujarnya saat ditemu di sekretariat kepanitiaan, Selasa (20/08/2019).

Untuk kegiatan UKJTV ini rencananya akan diikuti peserta dari Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bali dan tak terkecuali dari beberapa Kabupaten dan kota yang ada di Kepri. Untuk jumlah peserta sendiri, Agus menargetkan 50 peserta akan mengikuti kegiatan ini.

"Ini diharapkan akan menjadi UKJTV terbesar yang diselenggarakan dan kami masih mengundang teman-teman yang berasal dari daerah lain," paparnya.

Editor: Yudha