PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Budaya HUT Kabupaten Karimun ke-20 Berlangsung Meriah
Oleh : Freddy
Kamis | 10-10-2019 | 17:16 WIB
pawai-budaya-karimun2.jpg honda-batam
Peserta pawai budaya dari SMPN 1 Meral. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pawai Budaya dalam rangka peringataan HUT Kabupaten Karimun pada Kamis (10/10/2019) di ruas jalan Coastal Area berlangsung meriah.

Sedikitnya sekitar 5 ribu peserta ikut berpartisipasi menggenakan berbagai pakaian adat nusantara, pakaian daur ulang serta pakaian profesi seperti dokter, polisi, tentara, Bea Cukai dan lain sebagainya.

Para peserta terdiri dari pelajar SD, SMP, orang tua murid, guru dan paguyuban sudah berkumpul dari pukul 07.00 Wib. Meskipun cuaca cerah dan suhu sedikit panas, tetapi ini tidak menurunkan semangat peserta maupun penonton untuk menampilkan kreasi dan berpawai keliling kota.

Terlihat pula di dekat panggung Coastal Area, seorang perempuan yang berpakaian adat Papua menjadi idola para penonton untuk dapat berfoto ria. Sementara di depan panggung telihat para orang tua sibuk mengabadikan momen yang indah ini dengan memotret anak-anak yang ikut pawai budaya.

Koordinator kegiatan pawai budaya, Bakrie Hasyim dalam laporannya menyampaikan pawai budaya ini digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Karimun ke 20 tahun.

Dikatakannya, kegiatan pawai budaya ini melibatkan lebih kurang 5 ribu peserta yang terdiri dari para pelajar, orang tua murid, para guru serta paguyuban dengan memakai pakaian adat, pakaian daur ulang serta pakaian profesi seperti polisi, dokter, tentara, Bea Cukai dan sebagainya.

"Pawai budaya ini sebagai wujud sukacita dari keberagaman yang saling berdampingan dalam suasana gembira dengan menampilkan berbagai kreasi seni budaya yang dimeriahkan penampilan drum band," kata Bakrie hasyim.

Sementara, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan pawai budaya ini diharapkan generasi muda untuk memiliki komitmen dalam mengembangkan seni dan budaya karena berperan sebagai penerus keberlangsungan adat dan seni.

"Melalui generasi muda inilah nantinya yang akan mewarisi keberagaman seni dan budaya serta adat yang kita miliki," ujar Anwar hasyim.

Dijelaskan, kegiatan pawai budaya ini dilakukan dalam rangka HUT Kabupaten Karimun ke 20 tahun dan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Diharapkan melalui momen ini dapat dijalin tali silaturahmi dan rasa kecintaan generasi muda terhadap seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Pawai budaya yang dilaksanakan saat ini ,para peserta akan berjalan kaki dengan menempuh jarak lebih kurang 3 kilometer melewati beberapa ruas jalan di pusat kota dan kembali lagi ke Coastal Area Tanjungbalai Karimun. Sementara di panggung Coastal Area beberapa pelajar mencoba menghibur para undangan dan penonton .

Selain Wakil Bupati Anwar hasyim, terlihat hadir Kapolres Karimun, Danlanal, Dandim, Kejaksaan, Pengadilan Negeri serta kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Editor: Yudha