PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DKUMPP Anambas Izinkan Pedangang Timbun Sembako Stok Musim Angin Utara
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 10-10-2019 | 16:16 WIB
perintis-bongkar-muat1.jpg honda-batam
Kapal perintis bongkar muat sembako di Pelabuhan Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas izinkan para pedagang menimbun barang. Itu diakui untuk mensiasati ketersediaan sembako pada saat musim angin Utara.

"Kita sudah mengimbau para pedagang untuk melebihkan stok barang menjelang musim angin Utara. Tak masalah ditimbun di gudang, yang masalah itu ketika barang tersedia tetapi di pasar tak beredar," kata Usman, Kepala DKUMPP Anambas, Kamis (10/10/2019).

Usman menguraikan, kebiasaan tersebut selalu diterapkan saat menghadapi musim angin Utara. Pasalnya, pada musim tersebut tidak ada transportasi pengangkut barang yang beroperasi.

"Musim angin utara sudah langganan Kepulauan Anambas ini, dimana pada saat itu cuaca cukup ekstrem yang tak memungkinkan kapal barang beroperasi," ucapnya.

Mengenai ketersediaan bumbu dapur dan sayur, Usman menguraikan petani di Anambas khususnya di Pulau Jemaja mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat.

"Memang biasanya kebutuhan bumbu dapur dan sayuran dari Tanjungpinang. Tetapi kalau musim angin Utara, untuk sayur dan cabai bisa kita harapkan dari Jemaja. Kalau tomat, bawang, telur dan daging kita menunggu kapal perintis atau Pelni," terangnya.

Editor: Yudha