PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT PGN Dukung Pemko Batam Integrasikan UMKM
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 10-10-2019 | 12:04 WIB
jargas-pgn-il.jpg honda-batam
PGN saat membangun pipa distribusi Jargas di Batam. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wacana Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam mengintergrasikan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) mendapat dukungan dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Adapun dukungan yang akan diberikan merupakan pembangunan Jaringan Gas (Jargas), dari Kementerian ESDM. Bagi lokasi yang ditunjuk oleh Pemko Batam, sebagai lokasi khusus bagi para pelaku UMKM Kota Batam.

"Kalau seluruh UMKM satu tempat kita bisa siapkan pipa jaringan gasnya," ujar Area Head PGN Kota Batam, Wendy Purnomo, Kamis (10/10/2019).

Selain meningkatkan produksi, Wendy menuturkan ketika UMKM menggunakan gas PGN di satu kawasan hal itu akan membuat ongkos produksi UMKM lebih murah. Kondisi ini butuh dukungan pemerintah Kota Batam untuk mengumpulkan satu UMKM di satu tempat.

"Minimal satu kawasan itu terdapat 40 sampai 50 UMKM lah," lanjutnya.

Wendy mengatakan, jika UMKM mengunakan gas hal itu lebih murah daripada menggunakan tabung LPG. "Perbandingannya, kalau mereka pakai pipa gas PGN hanya Rp5000, tetapi kalau pakai LPG bisa mencapai Rp1000 per kubik, konsumsi sama harga beli lebih murah," kata dia.

Mengintegrasikan seluruh UMKM di satu tempat sudah menjadi wacana Pemko Batam. Seperti yang dikatakan Walikota Batam Muhammad Rudi. Salah satu UMKM yang disatukan adalah dikawasan Pasar Induk Jodoh, Taman Blouvard.

Editor: Gokli