Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Diguyur Hujan, Warga: Semoga Kabut Asap Segera Hilang
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 23-09-2019 | 14:28 WIB
batam-hujan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Batam saat diguyur hujan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari ini Batam diguyur hujan secara merata. Warga di dua kecamatan Batuaji dan Sagulung bersyukur akan turunnya hujan ini. Setelah beberapa minggu ini tak turun hujan, ditambah lagi dengan kiriman kabut asap atau jerebu dari Riau.

 

Adib, warga Batuaji mengatakan, semoga dengan turunnya hujan ini kabut asap di langit-langit Batam intensitasnya mulai berkurang. Hingga udara mejadi jernih, dan debu-debu proyek jalan juga tidak terus bertebaran.

"Kita bersyukur pastinya, hujan ini membawa berkah di satu sisi," terangnya singkat, Senin (23/9/2019).

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Batam, Suratman mengatakan, hujan terjadi pada hari ini disebutkan hampir merata di wilayah Kepri. "Awan hujan juga bergerak dari timur ke barat mengarah ke daratan Riau atau Pulau Sumatera," terangnya.

Sementara itu, mengenai jerebu yang belakangan menyelimuti langit Batam akibat pembakaran hutan dan lahan (Karhutla), baik di Pulau Batam maupun kiriman dari Karhutla Sumatera. Suratman mengatakan jika hujan terus menguyur Batam dan Sumatera, makan pelan intensitas asap akan terus berkurang.

"Kalau diguyur hujan insya Allah asap akan berkurang, hanya saja saat ini tidak langsung terpantau satelite. Karena perhitungan satelit menunggu beberap jam kemudian," jelasnya.

Dari pantauan citra satelit Himawari sedari pukul 12:30 WIB siang ini, Suratman mengatakan terlihat Kepri mulai tertutup awan yang berpotensi hujan, yang dalam citra satelit ditampilkan bewarna merah-orange.

"Tadi dari satelite terlihat Kepri tertutup awan yang berpotensi hujan. Dalam satelit digambarkan warna merah orange," lanjutnya.

"Diperkirakan dalam 3 hari kedepan juga berpotensi terjadi hujan di siang harinya," pungkasnya.

Editor: Dardani