Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikepung Kabut Asap, Pemkab Lingga Minta Bantuan Pemprov Kepri Ukur Kualitas Udara
Oleh : Wandy
Jum\'at | 20-09-2019 | 16:28 WIB
kadis-lh-lingga1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Nirmansyah. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kepungan kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan ahan di Sumatera dan Kalimantan memaksa Dinas Lingkungan Lidup Kabupaten Lingga meminta bantuan Pemprov Kepri mengukur kualitas udara di Kabupaten Lingga.

Dikarenakan Kabupaten Lingga tidak memiliki alat temperatur pengukuran kualitas udara. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Lingga Nirmansyah.

"Kita tidak memiliki alat temperatur pengukuran kualitas udara. Jadi kita minta bantuan ke Provinsi Kepri dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Kepri," kata Nirmansyah, kepada BATAMTODAY.COM Jumat (20/9/2019) siang.

Ketika disinggung apa upaya yang telah dilakukan Dinas LH Kabupaten Lingga terkait penanganan kabut asap, pihaknya telah membagi-bagikan masker kesekolah. Selain itu dia menyebutkan bawhi masalah Kabut itu bukan kewenangan dari Dinas Lingkungan Hidup saja melainkan kewenangan bersama.

"Yang jelas kita sudah bagikan masker ke sekolah dan kita sudah kirim data-data ke Polres terkait cuaca udara di Kabupaten Lingga. Masalah asap bukan kewenangan Lingkungan Hidup(LH) saja. Karena saat ini dari LH sendiri tidak memiliki sarana. Jadi kita hanya bisa berkoordinasi dengan Polri, TNI, dan pihak-pihak terkait untuk penanganannya," katanya.

Editor: Yudha