PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Kreativitas Arsitek Indonesia

Kemenhub Gelar Pameran Sayembara Desain Bandara 2019
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-09-2019 | 13:28 WIB
bandara-il.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tangerang - Untuk mendukung kreativitas para arsitek dalam membuat rancangan Bandara, Kementerian Perhubungan mengadakan Pameran Sayembara Desain Bandara Tahun 2019 yang dibuka langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019).

"Selain menggali kreativitas, sayembara ini mendorong para arsitek membuat rancangan desain bandara yang terikat dengan ketentuan dan standarisasi yang berlaku," jelas Menhub, seperti dikutip situs resmi Kemenhub RI.

Menhub mengatakan, karya seni dari para arsitek sangat dibutuhkan untuk memberikan sentuhan seni dan identitas yang unik dan berbeda pada suatu Bandara.

"Ini kita lakukan agar para arsitek junior mendapat pengalaman membuat desain yang baik dan inovatif. Kita juga harus memberikan identitas antara satu bandara dengan bandara lainnya sehingga ada ekspresi yang bisa diceritakan. Misalnya di Bandara Ngloram Cepu, bisa didesain dengan khas daerah seperti hutan jati," ujar Menhub.

Menhub Budi mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang memberikan apresiasi kepada industri penerbangan di Indonesia dengan terselenggaranya sayembara desain Bandara.

"Kegiatan pameran ini diharapkan menjadi inisiasi yang baik dan menjadi ajang silaturahmi bagi penyedia dan pengguna jasa transportasi, juga dapat dimanfaatkan untuk menggalang dukungan masyarakat dan stakeholders serta para arsitektur profesional untuk terlibat dalam pembangunan transportasi udara terutama infrastruktur bandara di masa mendatang sehingga akan menghasilkan karya terbaik dan menjadi kebanggan bangsa," tambah Menhub Budi.

Pameran Sayembara Desain Bandara 2019 akan diselenggarakan sampai dengan bulan Oktober 2019. Desain Kategori bandara yang dilombakan adalah Bandara Sukabumi, Bandara Ngloram di Cepu, dan Terminal Baru Bandara Dewadaru di Karimun Jawa.

Editor: Gokli