PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebagian Wilayah Kepri Ditutupi Asap Kiriman dari Sumatera dan Kalimantan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 13-09-2019 | 13:40 WIB
samar-asap.jpg honda-batam
Asap kiriman semakin pekat di wilayah Tanjungpinang. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Asap dari Pulau Sumatera dan Kalimatan, sudah sampai ke Kepri, khususnya Tanjungpinang - Bintan. Gumpalan asap, membuat jarak pandang terbatas.

Hingga Kamis (13/9/2019) kemarin, asap semakin tebal, Masjid Raya Nur Ilahi, Gedung Pusat Perkantoran Guburnur biasa terlihat dari Km 8 Tanjungpinang, kini samar tertupi kabut asap kiriman.

Menurut BMKG, jarak pandang udara Tanjungpinang pada Kamis pagi berjarak 5 kilometer, lebih pendek 2 kilometer dibanding Senin (9/9/2019) yang berjarak 7-9 kilometer.

"Kabut asap semakin pekat pada sore dan pagi hari karena bercampur dengan embun," kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusumah.

Ia menegaskan, asap yang terjadi di sebagian besar Pulau Bintan dan wilayah Kepri lainnya merupakan asap kiriman dari Pulau Kalimantan dan Sumatera. "Asap dari Sumatera dampaknya kecil untuk wilayah Kepri. Yang dominan adalah dari Kalimantan," jelas Bhakti.

Namun, untuk saat ini gangguan asap yang ada di Kepri tidak menghalangi transportasi laut maupun udara. "Saat ini, dua alat transportasi itu masih bisa broprasi," kata dia.

Editor: Gokli