PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Disduk Capil Lingga Targetkan 31 Ribu Anak Miliki KIA
Oleh : Wandy
Jumat | 13-09-2019 | 10:53 WIB
muhammad-KIA.jpg honda-batam
Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dukcapil Lingga, Muhammad. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Lingga menargetkan di tahun 2019, sebanyak 31 ribu anak telah miliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Diketahui fungsi dan kedudukan KIA ini sama halnya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan bentuk pengakuan negara selain sebagai identitas juga sebagai bukti diri.

Hal tersebut disampaikan Kadisdukcapil Kabupaten Lingga, Samsudi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan, Muhammad, bahwasanya cakupan dalam penerbitan KIA di Kabupaten Lingga saat ini sudah mencapai 30 persen.

"Mudah-mudahan tahun ini kita dapat selesaikan. Sebab target kita 31 ribu anak memiliki KIA, namun kalau untuk di bawah usia 0-5 tahun sudah kelar kita kerjakan dan mencapai belasan ribu," ujar Muhammad kepada BATAMTODAY.COM, belum lama ini.

Menurut dia, tercapainya belasan ribu penerbitan KIA di Kabupaten Lingga dikarenakan besarnya pengajuan masyarakat yang masuk sebab masyarakat begitu antusias melakukan pengajuan agar anak memiliki identitas sejak dini.

"Insyaallah di APBD-P ini kita akan turun ke lapangan lagi untuk menyisir di desa-desa yang masih tersisa yang belum punya KIA. Jadi jika ada yang lahir hari ini, dan diurus ke kita, maka langsung kita buat serta kita terbitkan untuk akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Indentitas Anak (KIA). Itu satu paket untuk anaknya," beber Muhammad.

Editor: Gokli