PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sembahyang Keselamatan Di Vihara Dharma Santi Tanjunguban

Wabup Bintan Harapkan Kerukunan di Tengah Masyarakat Selalu Terjaga
Oleh : Harjo
Jum\'at | 13-09-2019 | 09:40 WIB
sembahyang1.jpg honda-batam
Pembukaan Sembahyang Kwselamatan di Vihara Dharma Santi Tanjunguban. (Harjo)



BATAMTODAY.COM, Bintan - Ratusan umat Budha Bintan Utara menghadiri pembukaan Sembahyang keselamatan di Vihara Dharma Santi Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (12/9/2019) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, menyampaikan melalui sembahyang keselamatan yang digelar oleh umat Budha di Vihara Dharma Santi ini, kehidupan masyarakat Bintan bisa semakin rukun, damai, tenang dan aman.

Karena dengan aman dan damai, maka seluruh program pembangunan yang direncanakan pemerintah dapat berjalan dengan baik. Sebaliknya, dengan adanya pembangunan tersebut, secara otomatis akan dinikmati oleh seluruh masyarakat.

"Kita berharap kedepan ekonomi masyarakat Bintan khususnya bisa lebih bagus lagi, sehingga kehidupan masyarakat bisa semakin sejahtera," harapnya.

Sementara itu, Kuandy Kausyim, mewakili pihak panitia pelaksana, menerangkan
Sembahyang Keselamatan di Vihara Dharma Santi Tanjunguban, dilaksanakan sampena perayaan moon cake, yang dilakasanakan setiap tahun atau tepatnya setiap tanggal 15 bulan delapan Imlek dalam kalender China. Biasanya, kegiatan tersebut juga bertepatan pada malam bulan purnama.

Perayaan Sembahyang Keselamatan di Vihara ini, sudah dilaksanakan Sejak tahun 80-an lalu. Perayaan yang dilaksanakan selama tiga malam, termasuk dilaksanakan penggalangan dana untuk Vihara, yang sudah dilaksanakan secara turun temurun dalam kebudayaan Thionghoa.

"Selain itu, yang paling utama untuk meningkatkan tali persaudaraan antar sesama umat dan warga Tanjunguban dan sekitarnya. Sehingga, kerukunan antar umat beragama yang sudah ada tetap terjaga, sehingga kehidupan yang sudah harmonis tetap terjaga," harapnya.

Dalam pembukaan semabhyang keselamatan tersebut, selain dihadiri langsung Wakil Bupati Bintan Dalmasi Syam, turut dihadiri Kapolres Bintan, Kafasharkan TNI AL Mentigi, perwakilan kecamatan Bintan, kelurahan, serta para tokoh agama dan pemuda.

Editor: Chandra