PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Janji Menteri Susi Tingkatkan Akses Telekomunikasi di Anambas Tak Kunjung Terealisasi
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 12-09-2019 | 16:52 WIB
susi-haris1.jpg honda-batam
Menteri Susi Pudjiastuti saat berada di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Janji Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti akan mengentaskan keterbatasan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja hingga kini belum terealisasi.

Mirisnya lagi, komitmen provider untuk meningkatkan kualitas 4G sampai akhir tahun 2019, kini sudah ditarik.

Akibatnya, masyarakat Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas semakin kesulitan untuk menikmati akses telekomunikasi. Gagal menikmati kemajuan teknologi.

"Kini untuk menikmati akses telekomunikasi semakin sulit di Pulau Jemaja. Jangankan internet, berbicara lewat telepon pun sudah semakin sulit," kata Gusdi Munandar, salah satu warga Pulau Jemaja, Kamis (12/9/2019).

Gusdi menceritakan, saat kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti di Pulau Jemaja ada harapan besar masyarakat. Apalagi menjanjikan peningkatan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja selama 3 minggu setelah kunjungannya.

"Namun janji itu tinggal lah janji. Kami masyarakat tetap menderita dan tetap tertinggal. Harapan kami begitu besar akan adanya peningkatan akses telekomunikasi setelah Bu Susi benar-benar merasakan kondisi akses telekomunikasi di Pulau Jemaja. Tetapi tak kunjung terealisasi sampai hari ini," ucapnya.

Gusdi yang kesehariannya menemani sejumlah wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Jemaja, merasa malu karena masih ketertinggalan akses telekomunikasi. Tak jarang juga para wisatawan turut mengeluhkan ketertinggalan tersebut.

"Ini yang menjadi dilema bagi Pulau Jemaja, kita berupaya meningkatkan sektor pariwisata dan berangan-angan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Jemaja. Tetapi tidak didukung oleh infrastruktur, khususnya bidang telekomunikasi," jelasnya.

Seperti diketahui, kunjungan Susi Pudjiastuti ke Pulau Jemaja 15 Juli 2019 lalu, cukup prihatin akan kondisi akses telekomunikasi. Karena semua sektor telekomunikasi sulit diakses, untuk itu dia langsung menghubungi Menkominfo, Rudi Antara agar mengentaskan keterbatasan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja.

"Dengar, saya hanya memberi waktu 3 minggu akses telekomunikasi di Pulau Jemaja akan meningkat," ujarnya waktu dihadapan Bupati, Wakil Bupati dan masyarakat Pulau Jemaja.

Editor: Yudha