PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Anak Ikut Manasik Haji di Lapangan Relif Antam Kijang
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 12-09-2019 | 11:04 WIB
haji-cilik.jpg honda-batam
Salah seorang peserta manasik haji cilik bersalaman dengan Wabup Bintan Dalmasri Syam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Berjalan sembari mengumandangkan talbiyah, menuju Bukit Shafa dan Marwah serta mengelilingi kakbah sebanyak tujuh kali, layaknya sedang melaksanakan ibadah haji. Pandangan Kamis pagi (12/9/2019) ini berlangsung di Lapangan Relif Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Kegiatan tersebut, merupakan manasik haji cilik, yang diikuti 600 orang anak dari 13 lembaga RA, PAUD dan TK di Bintan.

Panitia Pelaksana Dwi Aprilianana Hasibuan menyampaikan, kegiatan manasik haji cilik dilakukan di wilayah Bintan mengusumg tema 'Kita Wujudkan SDM Unggul dan Berakhul Karimah Untuk Indonesia Maju dan Bintan Gemilang'.

"Selain tujuannya menanamkan nilai agama serta pengenalan pelaksanaan rukun islam terhadap anak-anak, kegiatan ini juga memberikan pelajaran tentang disiplin terhadap anak. Karena dalam pelaksanaan haji itu harus memenuhi prosedur," tutur Dwi.

Hal itu, dapat dirasakan oleh manasik haji cilik, seperti rasa tolong menolong, dalam pelaksanaan ibadah ini yang diikuti orang banyak. Serta fisiknya harus kuat, sebab dalam kegiatan ini ada lari antara Bukit Shafa dan Marwah dan mengelilingi kakbah.

"Untuk ke depan kami berencana melakukan manasik haji, yang diikuti seluruh lembaga di Bintan," timpal Dwi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Dalmsri Syam menyebutkan, manasik haji merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah, dalam mewujudkan generasi yang cerdas otaknya dan memiliki iman serta islam yang kuat. Memberikan pondasi terhadap anak, untuk membentuk iman dan rohaninya.

"Kegiatan ini agar anak dapat memahami terkait dalam melakukan ibadah haji, sehingga ke depannya ketika melaksanakan rukun islam kelima ini, tidak canggung lagi apa saja yang perlu dipersiapkan. Jadi anak-anak akan merekam kegiatan manasik haji ini," sebut Dalmasri.

Editor: Gokli