PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

e-KTP Dicetak Saat Anak Berumur 17 Tahun

Anak Usia 16 Tahun di Lingga Sudah Bisa Rekam Data e-KTP
Oleh : Wandy
Rabu | 11-09-2019 | 14:04 WIB
dukcapil-lingga.jpg honda-batam
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga melakukan perekaman data e-KTP terhadap anak usia 16 tahun. Setelah anak genap berusia 17 tahun, e-KTP langsung dicetak.

"Kita sudah melakukan perekaman terhadap anak usia 16 tahun sebanyak 600 orang se-Kabupaten Lingga dan saat ini sudah print redi rekop yang artinya siap untuk cetak. Namun belum bisa kita cetak karena anak belum 17 tahun," ujar Kadis Capil Kabupaten Lingga Samsudi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Kabupaten Lingga Muhammad, Rabu (11/9/2019).

Menurut Muhammad, hal itu dilakukan lebih awal untuk anak usia 16 tahun agar, ketika mereka menginjak usia 17 tahun tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan perekaman untuk mencetak e-KTP.

"Anak-anak sekolah ini nantinya tidak perlu repot-repot lagi menunggu mereka tamat SMA, misalkan hari ini dia berulang tahun yang ke-17 langsung kita cetak dan dijadikan kado ulang tahun. Dan itu sudah kita laksanakan sejak 2018 lalu," kata Muhammad.

Diketahui Kabupaten Lingga berhasil memperoleh persentase capaian di atas rata-rata nasional baik itu pencetakan akte kelahiran maupun e-KTP. "Untuk e-KTP alhamdulilah kita di atas rata-rata nasional yang mana hari ini mencapai 103 persen cakupan kepemilikan e-KTP. Demikian juga akte pencapaian sipil kita juga mencapai 98 persen di atas rata-rata nasional," ujar Muhammad.

Menurut Muhammad, hal tersebut dapat tercapai tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak seperti RT, RT, Kades serta pihak Kepolisian. Dan hal tersebut merupakan prestasi dengan dibuktikan dan diakui Disdukcapil Lingga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan.

"Lewat kerja sama dengan Sat Binmas Polres Lingga kita bisa mencapai angka tersebut. Sebab anggota dari Sat Binmas Polres Lingga selalu berupaya membantu mencari orang-orang yang belum memiliki akte kelahiran di daerah-daerah pedalaman," paparnya.

Editor: Gokli