PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Persentase Pencetakan Akte dan e-KTP di Lingga di Atas Rata-rata Nasional
Oleh : Wandy
Rabu | 11-09-2019 | 13:04 WIB
m-lingga.jpg honda-batam
Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disduk Capil Lingga, Muhammad. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga berhasil memperolah persentase di atas rata-rata nasional dalam pembuatan akte kelahiran dan e-KTP.

Hal tersebut disampaikan Kadis Capil Kabupaten Lingga, Samsudi melalui Kabid pelayanan pendaftaran kependudukan Kabupaten Lingga, Muhammad bahwasanya Capil Lingga berhasil mendapat capaian angka yang fantastis diatas rata-rata nasional.

"Untuk e-KTP alhamdulilah kita diatas rata-rata nasional yang mana hari ini mencapai 103 persen cakupan kepemilikan e-KTP. Demikian juga akte pencapaian sipil kita juga mencapai 98 persen diatas rata-rata nasional," ujar Muhammad saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (11/9/2019).

Menurut Muhammad, hal tersebut dapat tercapai tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak seperti RT, RW, Kades serta pihak Kepolisian. Dan hal tersebut merupakan prestasi yang dibuktikan dan diakui bahwa Disdukcapil Lingga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan.

"Lewat kerjasama dengan Sat Binmas Polres Lingga kita bisa mencapai angka tersebut. Sebab anggota dari Sat Binmas Polres Lingga selalu berupaya membantu mencari orang-orang yang belum memiliki akte kelahiran di daerah-daerah pedalaman," paparnya.

"Ini suatu hal yang cukup positif. Tentu kami mengharapkan kerjasama ini dapat terus kita lanjutkan dan diharapkan masyarakat kita juga benar-benar sadar akan pentingnya dokumen. Dan jangan waktu sakit baru mengurus untuk keperluan BPJS," tambahnya.

Pihaknya selaku pelayanan masyarakat siap kapan saja melayani masyarakat dan pihaknya juga membuka hampir 24 jam untuk masyarakat yang sifatnya terdesak. "Kita hampir 24 jam buka dan hape saya tidak pernah mati dan kalau itu sifatnya urgent mendesak malampun kita kerjakan," ungkapnya.

Senanda disampaikan Kasat Binmas Polres Lingga AKP Supama bahwa pihaknya siap membantu masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal didaerah pedalaman untuk mengurus baik itu akte kelahiran maupun pembuatan e-KTP.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Disdukcapil Capil terkait masalah dokumen-dokumen sipil. Sebab masih banyak masyarakat kita yang tinggal cukup jauh d luar pulau Singkep belum memiliki KTP maupun akta. Maka kita bersama Disduk Capil Lingga bersama-sama menuntaskan permasalahan tersebut agar masyarakat memiliki dokumen negara," kata mantan Kapolsek Singkep Barat.

Editor: Gokli