Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Sail Nias 2019, Poltekpar Medan Gelar Pelatihan Pengelolaan Homestay
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2019 | 11:52 WIB
sail-nias-19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sail Nias 2019.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan memberikan pelatihan manajemen, pengelolaan homestay, rumah wisata untuk masyarakat di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, sebagai upaya membantu mempersiapkan sumber daya manusia di bidang pariwisata.

Pelatihan ini juga dalam rangka menyukseskan perhelatan 'Sail Nias 2019' yang digelar mulai 3 hingga 16 September 2019. "Pengembangan atau pembinaan SDM pariwisata merupakan bagian dari upaya mempersiapkan pelaku industri pariwisata khususnya di Kabupaten Nias Selatan, yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat," kata Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip di Medan, Senin (9/9/2019), mengutip siaran pers Kemenpar RI.

Asnawi menjelaskan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama pihaknya dengan Pemkab Nias Selatan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga sebagai salah satu bentuk semangat Indonesia Incorporated.

"Program desa untuk homestay sebagai fasilitas untuk wisatawan di lokasi pariwisata. Sebagai salah satu program prioritas, Homestay Desa Wisata disebut menjadi jawaban atas pemenuhan amenitas dalam bentuk akomodasi dan penginapan," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, penyelenggaraan Sail Nias saat ini dan ke depannya harus didukung dengan keberadaan Sumber Daya Manusia yang baik. Pelatihan bagi pelaku pariwisata merupakan salah satu langkah yang tepat.

"Pariwisata di Nias memang layak untuk dikembangkan. Khususnya wisata bahari. Karena Nias memiliki potensi kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi. Sumber daya manusianya merupakan poin utama yang harus disiapkan," katanya.

Giri menuturkan, kemajuan pariwisata sangat penting bagi suatu daerah untuk peningkatan ekonomi di masyarakat lokal. Perlu ada daya saing pada suatu daerah dilihat dari lingkungan, keselamatan, kesehatan, kebersihan, sumber daya manusia, kesiapan teknologi, daya saing harga, lingkungan berkelanjutan, serta lainnya.

"Atas pertimbangan itulah penting dilaksanakan pelatihan manajemen homestay, rumah wisata, pondok wisata untuk peningkatan skill dan knowledge pelaku pariwisata," katanya.

Agenda Sail Nias 2019 sangat beragam, diawali dengan Yacth Rally yang digelar 12-16 Mei 2019 yang lalu. Selain aneka famtrip, ada juga sejumlah kegiatan sport tourism. Seperti Beach Volley Ball International Tournament Sail Nias, 3-6 September 2019.

Kemudian Fishing International Sail Nias 2019 (4-6 September 2019), Beach Run 10K yang dihelat 8 September 2019, kemudian Festival Layang-layang & Final Aekhula Voice, juga digelar 8 September 2019.

Salah satu rangkaian yang paling dinantikan adalah Nias Pro International Surfing 2019 yang akan dilakukan 10-15 September 2019.

Editor: Gokli