PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Bintan Luncurkan Aplikasi Sigap Karhutla untuk Mudahkan Masyarakat Laporkan Kebakaran Hutan
Oleh : Syajarul
Minggu | 25-08-2019 | 09:32 WIB
sigap_karhitla_bintan.jpg honda-batam
Aplikasi Sigap Karhutla (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan Luncurkan Aplikasi Sigap Karhutla untuk Mudahkan Masyarakat Laporkan Kebakaran Hutan. Melalui Aplikasi Sigap Karhutla Polres Bintan, masyarakat dapat menginformasikan terjadinya kebarakan lahan dan hutan (karhutla) di wilayah hukum Polres Bintan.

Aplikasi yang dirilis sejak 14 Agustus 2019 itu, merupakan ide kereatifi dari jajaran Polres Bintan untuk mempermudah masyarakat, dalam memberikan informasi jika terjadinya kerhutla di kabupaten Bintan.

Dalam aplikasi yang dapat didownload secara gratis melalui Play Store itu, kata Kapolres Bintan AKBP Boy Herlmabang melalui Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Yudha Suryawardhana guna mempermudah masyarakat dalam memberikan informasi adanya peristiwa karhutla.

"Masyarakat cukup membuka aplikasi Siaga Karhutla Polres Bintan, dan langsung mengklik menu pilihan bantuan," tutur Yudha saat di temui di Bintan Buyu, Sabtu (24/8/2019).

Nantinya, sambung Boy dalam menu "Bantuan" terdapat pilihan "TOMBOL BANTUAN" yang harus di kelik, jika masyarakat melihat titik api.

"Nah setelah menekan tombol tersebut, kita langsung disambung dengan tim kita, yang selalu siaga dan siap meluncur menuju ketitik api berada. Untuk melakukan pemadaman," tutur Yudha.

Tidak hanya sekedar menyajikan "Bantuan" saja, apilikasi Sigap Karhutla juga memberi menu pilihan, seperti Titik Api, Berita, TNI Polri dan Pemda serta notifikasi.

"Saya harap masyarakat juga mendowonload aplikasi Sigap Karhutla Polres Bintan, agar dapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan damkar jika terjadi kebarakaran diwilayah anda," timpal Yudha.

Editor: Surya