PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Kemarau, Polsek Meral Bangun Posko Bersama Penanggulangan Karhutla
Oleh : Hadli
Sabtu | 24-08-2019 | 16:52 WIB
posko-antiapi-karimun1.jpg honda-batam
Peluncuran posko karhutla Kecamatan Meral Karimun. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Meral bersama TNI dan masyarakat membentuk posko bersama Anti Api dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sabtu (24/8/2019).

"Posko Anti Api dibangun di dua kelurahan. Pertama di Kelurahan Pasir Panjang ditetapkan di Pos Polisi Pasir Panjang. Sedangkan untuk Posko Anti api di Keluarahan Darusalam ditetapkan di Gedung Serbagua Kelurahan Darusalam," kata Kapolsek Meral, AKP Hadi Sucipto.

Hadi menuturkan, pembentukan Posko dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan. Pertimbangannya, kata dia, dibentuknya Pos Anti Api Penanggulangan Karhutla di Kelurahan Pasir Panjang dan Kelurahan Darusalam dikarenakan di kedua kelurahan inilah terdapat kawasan hutan lindung serta semak-semak dan perkebunan rakyat.

"Saat ini musim kemarau dikhawatirkan terjadi kebakaran hutan lindung. Hutan lindung yang ada di Kelurahan Pasir Panjang dan Darusalam ini harus benar-benar kita jaga. Karena hutan lindung ini merupakan sumber air bagi warga sekitarnya," ujarnya.

Menurutnya, kalau sampai hutan ini terbakar, otomatis pasokan air untuk warga sekitarnya akan berkurang atau bahkan hilang atau kering. Terlebih lagi, hutan lindung ini merupakan paru-parunya Pulau Karimun.

"Dengan terbentuknya Posko anti api ini, apabila nanti sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan atau lahan maka pihak Kepolisian bersama TNI dan masyarakat bahu membahu bersama-sama bertanggung jawab untuk memadamkannya," tuturnya.

Editor: Yudha