PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wilayah Bintan Rawan Karhutla, Armada Damkar Masih Minim
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 19-08-2019 | 16:52 WIB
apri5.jpg honda-batam
Bupati Bintan Apri Sujadi. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Jumlah armada pemadam kebarakaran (Damkar) yang stanby di tiap kecamatan wilayah Kabipaten Bintan, tidak sebanding dengan jumlah luas lahan yang ada.

Bintan memang memiliki lahan yang terbilang sangat luas, dan masih banyak lahan diselimuti oleh semak serta hutan yang lebat. Hal ini memposisikan Bintan, menjadi daerah yang rawan akan kebekaran lahan dan hutan (karhutla).

Namun, kata Bupati Bintan Apri Sujadi jumlah lahan seluas itu, tak sebanding dengan armada damkar atau mobil pemadam kebakaran yang ada, alias sangat minim. Tentu hal ini, sangat bebahaya jika terjadi karhutla.

"Luas lahan kita Kabupaten Bintan tak sebanding dengan jumlah damkar kita, ini menjadi perhatian kita bersama, untuk mengoptimalkan damkar di Bintan," kata Apri disela-sela rapat paripurna, di Aula Kantor DPRD Bintan, Bintan Buyu, Senin (19/8/2019).

Untuk diketahui bersama, lanjut Apri kasus karhutla saat ini menjadi perhatian khusus. Dimana musim panas dan angin kencang akan memicu terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten Bintan.

"Mari kita sama-sama menjaga, untuk tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan," imbaunya.

Editor: Yudha