PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Karimun Antusias Tonton Lomba Panjat Pinang
Oleh : Freddy
Minggu | 18-08-2019 | 19:04 WIB
panjat_pinang_karimun1.jpg honda-batam
Sebanyak 17 batang pohon pinang dipasang untuk menyemarakkan lomba panjat pinang dalam rangka HUT RI ke-74 (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Lomba panjang Pinang yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun di lokasi Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Minggu,(18/8/2019) siang mendapat antusias dari masyarakat

Salah satu permainan tradisional yang mendapatkan antusias masyarakat yakni panjat pinang yang berjumlah sebanyak 17 batang.

Pada setiap batang pinang tersebut dibuat licin dengan dilumuri gemok semacam oli pelicin dan diatas batang pinang tersebut digantungkan aneka hadiah .

Aneka hadiah inilah yang menjadi daya tarik orang untuk memanjat batang pinang meskipun harus berjuang dengan susah payah untuk Sampat ke tempat hadiah tersebut tergantung.

Para peserta yang ikut lomba harus saling bahu membahu agar bisa sampai ke puncak tertinggi tempat tergantungnya aneka hadiah tersebut.

Suasana kemeriahan lomba panjat pinang ini sangat dirasakan sekali oleh masyarakat yang menonton di bawah batang pinang dan bahkan di pinggir jalan.

Kemeriahan Perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dengan permainan tradisional ini semakin terasa ketika melihat ada pemanjat yang harus turun karena licinnya batang pinang dan tepuk tangan yang dilakukan penonton saat ada yang berhasil meraih hadiah yang bergantungan di atas batang pinang itu.

Selain lomba panjat pinang, ada permainan tradisional lainnya seperti lomba bakiak

Wakil Bupati Karimun, Anwar hasyim mengatakan ,lomba permainan tradisional seperti panjang Pinang dan permainan lainnya yang digelar Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kiranya dapat dinikmati dan dirasakan masyarakat sebagai hiburan dalam rangka HUT RI ke 74.

Selain itu dapat pula meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan antar pemerintah daerah dan masyarakat.

Menurutnya,melalui pesta rakyat ini dapat tertanamnya rasa cinta tanah air,cinta sesama insan,ujar Anwar Hasyim.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun,H.Zamri , mengatakan pesta rakyat ini dalam rangka HUT RI ke 74 dan bertujuan memberikan hiburan kepada masyarakat serta ikut memeriahkan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 serta menciptakan rasa solidaritas untuk mencintai NKRI.

Lomba panjat pinang yang dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Karimun Anwar hasyim, dihadiri juga Dandim 0317/TBK, Kajari Karimun, pimpinan Bank Riau Kepri serta dari Kepolisian.

Editor: Surya