Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-74

Lanal Ranai Ikut Serta dalam Gerakan Menghadap Laut, Serentak Seluruh Indonesia
Oleh : Kalit
Minggu | 18-08-2019 | 16:04 WIB
lanal_ranai_laut.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Lanal Ranai ikut sera dalam Gerakan Menghadap Laut Serentak seluruh Indonesia dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 74 (oto: Kalit)

BATAMTODAY.COM,Natuna -Lanal Ranai ikut sera dalam Gerakan Menghadap Laut Serentak seluruh Indonesia dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 74 yang diinisiasi Pandu Laut Nusantara, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Yayasan EcoNusa bersama puluhan komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia, Minggu (18/8/2019) pagi.

Kegiatan yang berkaitan dengan Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dilaksanakan oleh Lanal Ranai dengan melibatkan prajurit dan Jalasenastri Lanal Ranai, siswa siswi SMK Kelautan Ranai, WNA Vietnam penghuni rumah Detention Center Lanal Ranai sebanyak 30 orang, dan warga masyarakat di sekitar Lanal Ranai.

Gerakan Menghadap Laut di 74 lokasi seluruh Indonesia awalnya telah ditentukan sebanyak 74 titik di selurih wilayah Indonesia, namun karena antusiasnya masyarakat terhadap gerakan ini sehingga titik koordinatnya bertambah sampai 107 titik.

"Termasuk Natuna,Gerakan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bangsa Indonesia bahwa laut adalah masa depan bangsa" ucap Danlanal Ranai, Kolonel Harry Setyawan.

Dijelaskan Harry,dalam kesempatan pelaksanaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa,kegiatan Menghadap ke laut ini merupakan gerakan bersih pantai dan laut merupakan program tahunan yang dilakukan oleh KKP sejak tahun 2002.

Kegiatan tersebut kini telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut. Pandu Laut Nusantara menjadikan agenda ini sebagai bagian penting dari aksi melestarikan laut Indonesia.

"Gerakan ini dipusatkan di Pantai Timur Kelurahan Ancol, Jakarta dengan agenda membersihkan laut, menghadap laut serentak di lebih dari 74 lokasi sambil menyanyikan lagu Padamu Negeri dan makan ikan bersama." terangnya

Perwira melati tiga ini juga meminta jangan membuang sampah ke laut dan kurangi penggunaan plastik sekali pakai, Karena Laut milik bangsa, yang harus menjaga bukan hanya pemerintah atau pandu laut saja, tetapi kita semua.

Sampah plastik sekali pakai merupakan salah satu persoalan terbesar di lautan nusantara karena mengancam lebih dari 800 spesies biota laut, termasuk terumbu karang.

Dalam kegiatan ini, Lanal Ranai juga melaksanakan bersih-bersih pantai dan dilanjutkan dengan makan ikan bersama serta diselaraskan kegiatan berbagai lomba dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan RI ke 74 yang diikuti oleh keluarga besar Lanal Ranai dan siswa siswi SMK Kelautan dan Masyarakat

Editor: Surya