PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI-Polri Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 17-08-2019 | 17:16 WIB
bendera-terluar1.jpg honda-batam
Bendera merah putih berkibar di Pulau Sentut Desa Mapur, Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Anggota Polres Bintan besama TNI menggelar upacara di Pulau Sentut, Desa Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, sekaligus mengibarkan bendera merah putih di atas tower perbatasan dengan Malaysia, Sabtu (17/8/2019).

Pulau Sentut adalah satu pulau terluar Indonesia, yang berbatasan langsung dengan Malaysia atau perairan Laut Cina Selatan. Pulau yang tidak berpunghuni itu, hanya dikelilingi bebatuan, karang, dan semak belukar di bagian tengahnya.

Tidak ada alat tranfortasi khusus untuk menuju pulau itu, sehingga harus menyewa boot warga.

Perjalan menuju pulau terluar satu ini, tak seindah seperti yang dibayangkan. Karena selain letaknya memakan waktu tiga jam perjalanan, ombak kencang senantiasa menemami sepanjang perjalanan menuju Pulau Sentut.

Diperparah lagi, Pulau Sentut tidak memiliki dermaga, batuan karang yang besar dipastikan bakal menghalang kapal untuk mendekat. Namun hal itu tidak menghalangin anggota Polres Bintan dan TNI, untuk tetap mengibarkan bendera di pulau itu.

Dari jarak sekitar 100 meter Pulau Sentut, anggota harus turun dari pompong, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mengarungi lautan. Seperti tulisan diatas, kapal pompong tidak bisa mendekat, karena dihalangi oleh bebatuan karang.

Sesampainya di Pulau Sentut, anggota Polres Bintan dan TNI mulai melakukan gotoroyong, karena kondisi Sentut sudah muali dipenuhi sampah, kiriman dari ombak yang membawanya, hingga bersarang di pulau terluar itu.

Upacarapun dimulai, sebanyak 15 orang yang terdiri dari tujuh orang anggota Polres Bintan satu TNI AD dan Kapala Desa Mapur terlihat hikmad mengikuti upacara.

Usai upacara Hut RI ke-74, tiga anggota Polres Bintan mulai memasuki hutan Pulau Sentut dan mamanjat tower setinggi 30 meter, memasang dan mengibarkan bendera merah putih.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan sudah seharusnya semua pihak menjaga aset negara, seperti yang dilakukan anggota Polres Bintan dan TNI di Pulau Sentut di Hut RI 74 ini.

"Menjaga adalah bentuk terimakasih kita kepada para pahlawan, yang sudah berjuang mempertahankan dan memerdekakan Indonsesia," ungkap Boy.

Editor: Yudha