PKP

Kakanwil Kemenkumham Kepri Resmikan Bapas Lapas Barelang
Oleh : Hendra
Jum\'at | 16-08-2019 | 14:04 WIB
bapas-lapas-barelang.jpg honda-batam
Kakanwil Kemenkumham Kepri, Zaerozi saar meresmikan Bapas Lapas Barelang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya meresmikan Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di Lapas Kelas IIA Barelang, Batam juga turut diresmikan berdirinya Balai Pemasyarakatan (Bapas). Peresmian ini langsung dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kepri, Zaerozi.

Kalapas Barelang, Surianto mengatakan, saat peresmian Rabu (14/8/2019) kemarin, Kakanwil Kemenkumham Kepri, Zaerozi mengatakan, fungsional Bapas ini adalah untuk melaksanakan bimbingan pemasyarakatan, meregistrasi klien pemasyarakatan, memberi bantuan bimbingan kepada bekas narapidana, serta klien pemasyarakatan yang memerlukan bantuan.

Saat peresmian kemarin, Zaerozi juga menyaksikan seperti apa proses pelayanan Bapas kepada klieg, di mana klien Bapas turut diperkenankan menanyakan apa yang menjadi haknya, dan apa yang menjadi kewajibannya.

"Pelayanannya cukup bagus," tutur Zaerozi saat berada di dalam ruang Bapas, dikutip dari Surianto.

  • Baca: Ingin Mengadukan Dugaan Pelanggaran HAM? Langsung ke Pos Yankomas Lapas Barelang

Sementara itu, melanjutkan pernyataan Zaerozi, Kalapas Barelang berharap agar pelayanan di Lapas Kelas IIA Batam terus semakin meningkat. Tak hanya dari pihak internal Lapas, peran serta masyarakat lingkup sekitaran Lapas juga diharapkan demi membantu Lapas dibidang keamanan dan ketertiban di Lapas lingkup eksternal.

"Kita kan sama paham, di sekitar Lapas ini ada pemukiman warga. Lalu ada bukit-bukit. Nah, warga harus ikut membantu Lapas untuk mencegah adanya gangguan dari luar," imbuhnya.

Selain itu, dia juga berharap agar warga kooperatif menyampaikan apapun informasi yang dia ketahui berkenaan dengan Lapas Barelang. "Jika ada sosok mencurigakan di balik tembok lapas, jangan sungkan mengabari hal tersebut kepada petugas," tambahnya.

"Kita semua harus bahu membahu menciptakan keamanan dan ketertiban di Lapas, bukan hanya tugas Kalapas dan staffnya, tapi peran serta warga juga harus ikut serta," tutupnya.

Editor: Gokli