PKP

Kebakaran Hebat Landa TPA Punggur

Belum Setahun Beroperasi, Sel Baru di TPA Punggur Ludes Terbakar
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 16-08-2019 | 08:28 WIB
TPA-terbakar.jpg honda-batam
TPA Telagapunggur, Batam Terbakar Dahsyat. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hebat yang melanda tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Telaga Punggur, Kamis (15/8/2019) malam tadi, turut menghaguskan sel pembuangan baru, yang pembangunannya memakan anggaran hingga puluhan miliar rupiah.

Sel baru di TPA Telagapunggur seluas 2,4 hektar itu dibangun Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 23 miliar. Selesai dibangun November 2018, dan mulai beroperasi awal 2019. Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, sel baru senilai Rp 23 miliar itu ludes terbakar.

Penyebab kebakaran ini pun diketahui berawal dari adanya titik api di sel pembuangan lama, yang berseberangan langsung dengan lokasi sel baru. Kobaran api pun dengan cepat merambat dikarenakan kondisi angin yang kuat.

"Itu yang terbakar lokasi sel yang baru diresmikan, tumpukan sampah yang sudah masuk ke sel baru itu semua terbakar," kata security TPA Telagapunggur kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (16/8/2019) dini hari.

Ia mengatakan, lokasi sel baru yang terbakar ini sebelumnya adalah lokasi ruli yang telah direlokasi ke berbagai lokasi. Sebanyak 471 KK yang dulunya bermukim di wilayah ini berhasil dipindahkan ke berbagai kawasan, salah satunya ke kawasan Kampung Teluk Waheng.

Namun, hingga saat ini masih ada beberapa ruli yang bermukim sangat dekat dengan lokasi sel TPA Telagapunggur baru. Hal ini sangat membahayakan, dilihat dari kejadian kebakaran TPA ini, jarak titik api dengan ruli terpantau hanya sekitar 250 meter.

"Iya bahaya sih, tapi mereka belum direlokasi. Kalau masalah mau atau tidak ya pasti mereka mau. Yang dihindari kayak kejadian kebakaran sekarang ini," ungkapnya.

Perkiraan kerugian atas kebakaran ini belum diketahuinya, karena sampai saat ini pihaknya masih fokus untuk memantau titik-titik api yang semakin membesar. "Tanyakan saja langsung nanti ke atasan saya," tegasnya.

Untuk diketahui, Kebakaran ini terjadi pada Pukul 20.00 WIB, Kamis (15/8/2019) malam. Belum diketahui secara pasti apa penyebab awal kebakaran ini terjadi.

Dari informasi yang didapat BATAMTODAY.COM di lokasi, 4 unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi melakukan pemadaman sejak pukul 21.00 Wib.

Namun, usaha pemadaman kobaran api yang telah melalap beberapa hektar TPA Telaga Punggur pun tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya pada pukul 02.00 WIB, pihak pemadam berhasil membuat api mengecil, namun masih belum padam sepenuhnya.

Kejadian ini tidak ada memakan korban jiwa. Aktivitas pemadaman pun dihentikan saat itu dan akan dilanjutkan pagi harinya sekira Pukul 07.00 WIB.

Namun, api kembali membesar dan terus meluas. Sampi dengan berita ini diterbitkan, api dari kebakaran TPA Telagapunggur semakin membesar.

Editor: Chandra