PKP

BPBD Sebut Dua Pulau Besar di Lingga Rawan Karhutla
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 15-08-2019 | 16:52 WIB
karhutla-lingga1.jpg honda-batam
Kebakaran lahan di Kabupaten Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga menyebut dua pulau besar di Lingga yakni Daik dan Dabosingkep sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala BPBD Lingga, Novrizal mengatakan sejak beberapa waktu terakhir saja sudah terjadi beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan.

"Sampai saat ini, karhutla masih banyak terjadi di dua pulau besar, yaitu Pulau Singkep dan Lingga, terutama di daerah Kecamatan Singkep Barat dan Lingga Utara," katanya, Kamis (15/8/2019).

Dari laporan kejadian yang diterima pihaknya, kebakaran yang terjadi di Kabupaten Lingga dominan disebabkan oleh ulah manusia.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kebencanaan termasuk karhutla, banjir serta perubahan musim ke desa-desa yang mempunyai potensi bencana. Kemudian kami juga menyampaikan iklan layanan masyarakat lewat radio," ujar Novrizal.

Ia berharap dengan sosialisasi yang diberikan, masyarakat dapat lebih peduli dengan lingkungan. Terutama tidak membuka lahan dengan cara dibakar, terlebih lagi di musim panas seperti sekarang.

"Masyarakat kami harap untuk bisa mengenali bencana, jangan panik, dan alam jaga kita, kita jaga alam," ucapnya.

Editor: Yudha