PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemendes Kirim Tim Verifikasi ke Lingga Cek Realisasi Inovasi TTG Batako Lipstik
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 15-08-2019 | 14:16 WIB
tim-verifikasi-kemendes2.jpg honda-batam
Tim Verifikasi Kemendes PDTT saat mencoba mesin pencacah Batako Lipstik di Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI menerjunkan tim verifikasi ke Kabupaten Lingga, untuk mengecek hasil inovasi yang diciptakan oleh peserta asal Lingga yakni Batako Limbah Plastik (Lipstik), setelah terpilih mewakili Kepri dalam ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) di tingkat Nasional.

Kegiatan verifikasi itu bertujuan melihat langsung proses dan cara pembuatan dari Batako itu, serta sebagai syarat agar bisa lolos ke tahap 6 besar.

Ketua Tim Verifikasi Kemendes, Bahtiar, mengatakan, verifikasi sekaligus mempromosikan kepada juri bahwa perwakilan dari Provinsi Kepri apakah layak atau tidak. Namun kedatangan pihaknya bukan sebagai penentu.

“Kami akan bekerja profesional, kami akan menggali berbagai informasi yang diperlukan untuk nantinya akan kami kami perjuangkan untuk disampaikan kepada tim juri,” kata Bahtiar dalam penjelasannya

Ia berharap, peserta alas Lingga yakni Alfikri Gunawan dan Maharani Delta Dewi selaku inovator produk bisa memberikan gambaran informasi yang jelas, sehingga mempermudah mereka nantinya dalam penyampaian kepada juri sebagai penentu nilai. "Jadi lolos atau tidaknya, akan ditentukan oleh juri, ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Lingga keluar sebagai juara dalam ajang TTG ditingkat Provinsi beberapa waktu lalu. Atas hasil ini, peserta asal Lingga berhak tampil di ajang yang sama pada tingkat nasional.

Sementara itu, di tempat yang sama Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengapresiasi apa yang telah diraih oleh Alfikri Gunawan dan Maharani Delta Dewi.

Mereka menurut Nizar mendaftar sebagai peserta seleksi TTG di tingkat Provinsi Kepri tidak melalui seleksi yang diadakan di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu. Melainkan mendaftar secara mandiri dengan kategori umum, namun mengatasnamakan perwakilan peserta dari Kabupaten Lingga.

Dan ternyata ide brilian keduanya, mampu mengantarkan produk inovasi mereka menjadi pemenang yang terpilih mewakili Kepri di Tingkat Nasional.

"Saya berharap dengan datangnya tim verifikasi ini, para putra dan putri kita yang lolos bisa mendapat nilai yang baik serta tampil di Nasional pada ajang TTG," ungkap Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang saat itu langsung menyambutkedatangan tim verifikasi Kemendes, Rabu (14/8/2019).

Editor: Dardani