PKP

HUT Gerakan Pramuka ke-58

Bupati Anambas Tekankan Seluruh Anggota Pramuka Berpartisipasi Menjaga Keutuhan Bangsa
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 14-08-2019 | 11:52 WIB
pramuka-anambas.jpg honda-batam
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas gelar upacara di Lapangan Imam Bonjol dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke-58, Rabu (14/8/2019). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke-58, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas gelar upacara di Lapangan Imam Bonjol, Rabu (14/8/2019), dengan mengusung tema 'Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI'.

Tema tersebut lahir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia.

"Ada tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar negara ini yaitu, merebaknya korupsi, kolusi, nepotisme (KKN), kemudian terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba. Untuk itu kami ajak segenap pengurus kwartir, pelatih, pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa," kata Abdul Haris, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas saat membacakan Pidato Kwartir Nasional, Rabu (14/8/2019).

Haris menambahkan, kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian seluruh elemen. Untuk itu diharapkan anggota Gerakan Pramuka harus peduli akan kelestarian lingkungan dan menjaga sikap hidup dan standar berperilaku yang dipedomani setiap anggota Gerakan Pramuka.

"Kita semua harus memikirkan pentingnya warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus mendatang. Kita harus mencintai alam sebagai wujud kasih sayang anggota Pramuka bagi generasi penerusnya. Dan menjaga kelestarian lingkungan harus ditanamkan dan jangan dijadikan sebagai kegiatan formalitas maupun seremonial belaka," tegasnya.

"Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungan sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya bencana dan penyakit. Untuk itu, tanggung jawab dan kewajiban kita bersama untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan," tambahnya lagi.

Editor: Gokli