Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kinerja Buruk, Kepala DC Pamsimas III Lingga Diganjar SP Tiga
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 05-08-2019 | 14:16 WIB
sp3-lingga.png Honda-Batam

PKP Developer

Inilah SP 3 buat Kepala DC Pamsimas III Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) mengeluarkan Surat Peneguran (SP) ketiga kepada Kepala District Coordinator (DC) Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) III Lingga karena dinilai kurang baik dalam melaksanakan kerja. SP itu dikeluarkan pada tanggal 17 Juni 2019 lalu.

Sebelumnya, Pemda sebagai tim District Project Management Unit (DPMU) yang terdiri dari DPUPR-PKP, Dinkes, Bapelitbang, DMPDes untuk mengontrol kinerja Pamsimas telah memberikan peringatan pertama dan kedua, namun tidak diindahkan.

"Menindaklanjuti surat DPMU tanggal 20 Mei 2019 nomor 600/CK/DPUPRPKP/V/2019/12 perihal surat peringatan kedua sampai batas waktu yang ditentukan, bahkan saat ini tidak ada tindak lanjut, maka dengan ini kami memberikan surat peringatan ke tiga kepada bapak Dedi Renaldi selaku DC Pamsimas Lingga," tulis Kepala DPMU Lingga, Deden Trisnawijaya yang merupakan Kepala Bidang Citpa Karya di DPUPR-PKP dalam keterangan surat tertulisnya

Adapun bunyi surat peneguran ketiga yang dikeluarkan tim DPMU Lingga, yakni karena belum selesainya melaporkan Dokumen Rencana Kegiatan Masyarakat (RKM) desa sasaran tahun anggaran 2017, 2018, 2019 secara 100 persen oleh Kepala DC.

Disamping itu, saat DPMU membutuhkan koordinasi dan data, kepala DC Pamsimas meninggalkan lokasi tanpa memberikan keterangan tertulis. Terhitung sejak tanggal 26 Mei sampai 12 Juni 2019.

"Demikian surat ini kami buat dan perlu ditindak lanjuti," terang Deden

Namun SP3 yang dikeluarkan oleh DPMU hanya bersifat rekomendasi dan tidak memutuskan untuk melakukan pergantian terhadap Kepala DC Pamsimas. Keputusan hanya bisa dilakukan oleh perusahan kontrak yang ada di Pamsismas yakni PT. ADICITRA MULYATAMA.

Menurut Marzai, salah satu tim dari DPMU Lingga saat di jumpai BATAMTODAY, mengaku sudah menyampaikan permasalahan ini berkali-kali di forum, baik dengan provinsi mau pusat, mengingat program Pamsimas merupakan program berkelanjutan.

"Berkali-kali sudah kami sampaikan. Cuma kita disini hanya sebatas merekomendasi karena kerjanya kurang memuaskan. Kemudian mengawasi, mengontrol," terangnya, Senin (5/8/2019)

Meski demikian, program pamsimas dikatakan Marzai lagi tetap berjalan sebagaimana mestinya. "Kalau untuk program tetap berjalan," tuturnya.

Editor: Dardani