PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Tanjungpinang Apresiasi Peran Media dalam Menyukseskan Pemilu 2019
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 29-07-2019 | 17:16 WIB
media-gathering-bawaslu1.jpg honda-batam
Media gathering evaluasi pengawasan pemilu 2019. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar media gathering dalam rangka evaluasi pengawasan Pemilu 2019 sekaligus lauching Buku 500 Pantun tentang pemilu di Cafe Cisangkuy Kota Tanjungpinang, Senin (29/7/2019).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam menciptkan pemilu 2019 yang demokratis. Media sebagai sarana pemberi informasi yang sangat efektif, dalam waktu cepat dan singkat bisa tersampaikan ke masyarakat.

"Kita ketahui bahwa pesan yang disampaikan oleh media berperan sebagai edukasi untuk masyarakat serta edukasi untuk publik," ujar Zaini.

Zaini menjelaskan bahwa media bisa menyampaikan informasi tahapan-tahapan pemilu, mengetahui persoalan yang tengah terjadi sehingga menjadi pelajaran bagi pihak terkait dan dapat dimengerti masyarakat.

Dijelaskan, secara filosofis Bawaslu hadir mengawasi tahapan pemilu kepada partai politik dan para caleg. Menghadirkan keadilan dalam pemilu.

"Kami memastikan tidak ada perserta pemilu yang melakukan pelanggaran," ucapnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kepri, Rosnawati menyebutkan media memiliki peran dalam menyukseskan pemilu, karena media memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Informasi-informasi hoak dapat dicegah oleh pemberitaan media.

"Kita ketahui bahwa banyaknya berita hoaks, tetapi karena adanya media bisa menggiring mana berita yang hoak dan mana berita benar," katanya.

Ia berharap media bisa terus memberikan informasi berimbang dan menyampaikan fakta kepada masyarakat sehingga masyarakat paham bagaimana berpolitik yang seharusnya.

Editor: Yudha