PKP

Lanal Ranai Libatkan Prajurit dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah
Oleh : Kalit
Selasa | 16-07-2019 | 15:52 WIB
pls-smkn-1-natuna.jpg honda-batam
Prajurit Lanal Ranai saat mengajari siswa baru SMKN 1 Natuna baris berbaris, Selasa (16/7/2019). (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan memerintahkan personelnya untuk aktif sebagai Tenaga Pendidik (Gadik) dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMKN 1 Natuna.

Kegiatan PLS merupakan kegiatan rutin pada setiap tahun ajaran baru. Sebelumnya PLS lebih dikenal sebagai masa oriertasi siswa (MOS), namun seiring pelaksanaannya mengakibatkan hal-hal yang merugikan dan berakibat fatal bagi siswa junior.

Guna mengindari hal tersebut terulang kembali TNI Angkatan Laut dalam hal ini KASAL telah memberikan perintah melalu Telegram Kasal agar kesatuan TNI Angkatan Laut melaksanakan aksi membantu pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun 2019 di wilayah masing-masing.

Keterlibatan satuan TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan PLS adalah sebagai Tenaga Pendidik (Gadik) bagi siswa SMP, SMA, dan SMK atau setingkat, sedangkan materi yang diberikan berupa materi Pengawasan dan Pengembangan (Wasbang), Bela Negara, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera.

Pada kesempatan ini, Pjs Paspotmar Lanal Ranai Kapten Laut (P) Teguh Budi Santoso didampingi anggota Lanal Ranai melaksanakan kegiatan PLS berupa Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Selain itu, Pjs Paspotmar Lanal Ranai juga menyampaikan materi Bela Negara.

"Tujuan kegiatan biar siswa memiliki sikap disiplin dan selalu taat untuk menjadi pelajar," ucapnya, Selasa (16/7/2019).

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian dari fungsi pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh Lanal Ranai yang bertujuan untuk mengenalkan TNI Aangkatan Laut kepada para siswa/i di tingkat SMA/SMK sekaligus juga menambah wawasan mereka mengenai kemaritiman dan kemampuan Bela negara.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan program yang dilaksanakan oleh Kemendikbud sehingga menjadi salah satu tanda sinergitas antara Lanal Ranai dengan instansi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Editor: Gokli