Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dekranasda Promosikan Batik Batam di Kawasan Wisata Lagoi
Oleh : Nando
Minggu | 14-07-2019 | 12:32 WIB
batik_batam_lagoi.jpg Honda-Batam
Walikota Batam Muhammad Rudi membuka Road Show Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2019 di Kabupaten Bintan di Kawasan Wisata Lagoi (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam kembali mengadakan Road Show Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2019 di Kabupaten Bintan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (13/7/2019).

Dalam sambutannya, Rudi mengaku sangat mendukung pengembangan produk-produk lokal yang mengangkat kearifan dan kebudayaan lokal itu sendiri. Bahkan ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bintan atas diberikan kesempatan kepada Dekranasda Kota Batam berpromosi di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan.

"Kegiatan ini menjadi promosi untuk memperkenalkan Produk - produk Dekranasda Kota Batam yang tidak kalah saing dengan batik - batik produksi dari pulau jawa baik dari segi kualitas maupun harga," ujar Rudi

Rudi juga mengundang masyarakat Bintan untuk hadir dalam peresmian Masjid Terbesar di Kepulauan Riau yang di beri nama Sultan Mahmud Riayat Syah yang di resmikan pada tanggal 20 September 2019, dengan mengundang 3 ulama kondang.

"Kota Batam saat ini sedang membangun wisata religi dengan membangun Masjid dan Masjid tersebut akan di resmikan 20 september ini selaku Wali Kota Batam, saya mengundang masyarakat Bintan untuk dapat hadir," undang Rudi

Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi melaporkan bahwa Road Show ini merupakan Road Show ketiga di Kabupaten/kota di Kepulauan Riau dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan Kota Tanjung Pinang.

Lanjutnya bahwa Dekranasda merupakan mitra pemerintah dalam meningkatkan pariwisata di Kota Batam. Oleh karena itu Beliau berharap kegiatan ini dapat memotivasi daerah lainnya untuk meningkatkan kearifan lokal.

"Wali Kota Mendukung penuh seluruh kegiatan Dekranasda Kota Batam sehingga saat ini Batik Batam telah memiliki 20 pengrajin batik dan 1 orang asesor yang siap membantu untuk mengajarkan secara gratis," ujar Marlin

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri syam, selaku tuan rumah berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Bintan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan BBFW 2019 dari 3 Kabupaten/Kota se- Kepulauan Riau.

"Kegiatan ini sangat luar biasa dan saya kira ini baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, kegiatan ini patut dicontoh dimana memicu semangat kami untuk lebih memajukan Dekranasda Kabupaten Bintan, Terima kasih Ibu Dekranasda Kota Batam," ujar Dalmasri

BBFW Bintan 2019 ini menampilkan fashion show hasil karya pembatik dan desainer yaitu Mahendra Kurniawan, Alnel Batik Art kolaborasi dengan Waode Nilasari, Waode Collection, Yayuk Unarti, Puan Lawa berkolaborasi dengan Reno Agustriono, Lawa, Indra Sugiono, Indra Batik Batam berkolaborasi dengan Luhung Esa Pertiwi, Luhung de La Mode dan Mahendra Kurniawan Alnel Batam Art berkolaborasi dengan Natasya Rofalina, NR Atelier.

Selain itu Dekranasda Kota Batam membuka stand Industri Kecil Menengah (IKM) Batik, Makanan, Kerang - kerangan, Rajut dan craft.

Editor: Surya