PKP

5 Tips Hemat Kuota Internet saat Ibadah Haji
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-07-2019 | 20:04 WIB
smartphone12.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah telah memberangkatkan jemaah haji Indonesia sejak 6 Juli lalu untuk menjalani rangkaian ibadah haji di kota suci Mekkah, Arab Saudi dan akan kembali ke tanah air pada 17 Agustus mendatang.

Bagi Anda yang tengah menjalankan ibadah haji namun ingin tetap memberikan "update" kepada sanak keluarga di Indonesia, berikut 5 tips untuk menghemat kuota internet:

1. Gunakan aplikasi yang "hemat" data
Sejumlah platform sosial media kini telah mengeluarkan aplikasi yang lebih 'ringan', yang dimaksudkan untuk bekerja pada perangkat ponsel yang memiliki penyimpanan terbatas dan menghemat kuota internet.

Seperti Google yang menawarkan beberapa aplikasi ringan seperti Google Go, Gmail Go, Files Go, Youtube Go, Google Maps Go, dan Google Assitant Go. Lalu, ada Facebook Lite, Instagram Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, dan Uber Lite.

2. Matikan koneksi internet saat tidak dibutuhkan
Cara ini merupakan yang cukup efektif apabila Anda tidak sedang menggunakan internet. Jika Anda ingin mendokumentasikan momen saat berada di kota suci untuk dibagikan ke sanak keluarga dan teman, Anda bisa mengaktifkan jaringan WiFi.

Penggunaan jaringan WiFi ini juga berfungsi untuk melakukan pembaruan aplikasi tanpa menggunakan koneksi internet. Caranya pada sistem operasi Android, masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Sementara untuk iOS, mask ke Settings > iTunes & App Stores > matikan pilihan Use Cellular Data.

3. Batasi penggunaan aplikasi
Tanpa disadari, ada beberapa aplikasi yang mampu menyedot kuota lebih banyak dari aplikasi lainnya, salah satunya adalah 'Maps'. Apalagi jika Anda ingin menyambangi sejumlah tempat di Mekkah, pasti membutuhkan penunjuk jalan.

Guna mengatasi hal itu, Anda bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk perangkat ponsel Android, klik Search Bar lalu pilih "Save map to use offline". Sedangkan untuk perangkat iOS, pilih menu settings > privacy > lalu matikan pilihan "Location Services".

4. Matikan fitur Auto-Sync
Ketika fitur otomatis sinkronisasi berjalan, maka akan menguras cukup banyak data. Sehingga, Anda perlu mengontrolnya dengan menonaktifkan fitur ini. Biasanya, Google akan selalu memperbarui aplikasi dan menyinkronkan apa yang ada di dalam perangkat ponsel Anda.

5. Gunakan fitur penghemat data
Saat ini pengembang aplikasi menawarkan sejumlah fitur penghemat data seperti UC Browser, Opera Mini, Google Chrome dan lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mencari layanan data saver.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha