Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Karantina Karimun Awasi Kesehatan Hewan Qurban
Oleh : Wandy
Sabtu | 13-07-2019 | 10:34 WIB
karantina-priyadi.jpg Honda-Batam
Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun, Priyadi. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun melakukan pengawasan terhadap hewan qurban jelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat yang mengkonsumsi daging qurban tidak menjadi masalah. Sehingga kondisi hewan-hewan tersebut harus dipastikan aman serta sehat.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjungbalai Karimun, Priyadi mengatakan pihaknya melakukan pengawasan pada saat hewan tersebut masih berada di atas kapal. "Pemeriksaan kita lakukan dengan mengambil sampel darah terhadap hewan qurban. Maka sejak di kapal sudah kita cek bahkan pada saat masuk ke kandang akan kita cek," kata Priyadi, Jumat (12/7/2019) sore.

Selain itu, Priyadi menjelaskan, bentuk pengawasan bukan hanya sebatas kondisi fisik hewan saja. Namun pemeriksaan juga dilakukan secara administrasi serta pemeriksaan laboratorium.

Tujuan agar hewan yang masuk bebas dari penyakit serta parasit. "Maka secara administrasinya kita lakukan pemeriksaan terhadap surat kesehatan serta surat-surat lainnya dari daerah asal. Dikarenakan daerah kita ini merupakan daerah bebas prucellosis dan alhamdulilah hingga saat ini tidak ada kasus," jelasnya.

Diketahui hewan kurban untuk wilayah Karimun keseluruhannya berasal dari daerah luar, di antaranya Tanjung Buton dan Selat Panjang Provinsi Riau. Para pengusaha telah mulai intens mendatangkan hewan sejak Bulan Juli 2019.

"Untuk Juli ini hewan-hewan qurban mulai didatangkan ke Karimun. Berdasarkan data awal kita sudah 71 ekor, serta 20 ekor juga yang masuk dari Selat Panjang," paparnya.

Editor: Gokli