Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Mengetahui WhatsApp Anda Diretas
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-07-2019 | 10:04 WIB
whatsapp3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat terpopuler, yang terkenal karena keamanannya.

WhatsApp juga terkenal dengan akun personalnya, karena menggunakan nomor HP pribadi. Seperti yang kita ketahui, bahwa menggunakan dua nomor WhatsApp pada perangkat yang sama, adalah hal yang mustahil.

Salah satu keunggulan utama dari WhatsApp adalah multiakses. Di mana mengakses WhatsApp tak cuma di mobile, namun bisa menggunakan website di PC atau desktop. Anda bisa melakukan ini dengan mengakses WhatsApp Web di desktop.

WhatsApp Web adalah fitur canggih, yang memungkinkan pengguna mengirim atau menerima pesan melalui perangkat apa pun. Caranya, cukup mengaitkan Akun WhatsApp dengan kode QR.

Permasalahannya, kemudahan ini justru bisa menjadi media untuk para hacker nakal dalam melakukan peretasan kepada WhatsApp Anda.

Apakah Anda pengguna WhatsApp Web? Anda patut cari tahu apakah akun Anda aman dari retasan hacker atau tidak. Mari kita cari tahu caranya, seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone. Lalu, klik tiga titik vertikal yang berada di sudut kanan atas. Kemudian, klik Web WhatsApp dan kamu bisa memeriksa, apakah ada perangkat lain yang ikut mengakses akun.

Biasanya, akan ditampilkan satu atau beberapa perangkat di dalam WhatsApp Web.

Jika ada nama perangkat lain, yang belum pernah Anda pakai untuk masuk ke akun WhatsApp, maka biasanya itu adalah ciri bahwa akun Anda telah diretas.

Terdapat solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah akun yang diretas. Anda bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah. Caranya sebagai berikut:

  1. Pilih menu di kanan atas
  2. Klik Pengaturan, lalu pilih Akun
  3. Jika sudah, aktifkan dua langkah verifikasi
  4. Ketika sudah diaktifkan, Anda akan diminta kode OTP yang tentu hanya Anda yang memiliki.
  5. Masukkan kode, dan WhatsApp kembali aman

Sumber: merdeka.com
Editor: Chandra