PKP

Pemkab Lingga Temui BPKP Provinsi Kepri Bahas SIMDA Integrated
Oleh : Bayu
Rabu | 12-06-2019 | 14:04 WIB
bpkp-4-630x380.jpg honda-batam
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menemui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepri di Kota Batam (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menemui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepri di Kota Batam pada Selasa (11/6/2019) kemarin. Pertemuan membahas rencana penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) secara Integrated.

Pemkab Lingga yang diwakili oleh Sekda Juramadi Esram, Kepala Baperlitbang M Asward, serta beberapa pejabat lainnya mendatangi langsung Kepala Perwakilan BPKP Provinsi, Indra Khaira Jaya. Kedatangan mereka langsung disambut hangat.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepri, Indra Khaira Jaya mengapresiasi keinginan dari Pemkab Lingga untuk mengimplementasikan SIMDA Integrated. Apalagi hal tersebut juga berkaitan dengan misi BPKP untuk membantu Pemerintah Daerah menjadikan pengelolaan keuangan dan kinerja lebih akuntabel.

“Aplikasi ini nantinya akan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan sampai dengan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah”, ujar Indra.

Pada kesempatan itu, pihak BPKP menjelaskan gambaran singkat SIMDA Integrated yang merupakan suatu aplikasi yang sangat komprehensif dan bisa membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan integrasi antara perencanaan dan penganggaran serta pelaporan kinerja yang lazim terjadi selama ini. Melingkupi ASB dan SSH, RPJMD dan Renstra, RKPD dan Renja, Penganggaran dan SAKIP.

"Yanng penting dalam pengimplementasian SIMDA Integrated ini adalah komitmen yang kuat bersama antara Kabupaten Lingga dan Perwakilan BPKP Kepulauan Riau," tambah Indra

Diketahui tujuan penerapan SIMDA Integated sendiri untuk menyediakan Data Base mengenai kondisi di daerah yang terpadu, baik dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian / aparatur daerah, maupun pelayanan publik yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.

Selain itu, aplikasi tersebut juga mampu menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat kepada pemerintah daerah. Informasi inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengembil keputusan.

Sekda Lingga, Juramadi Esram berharap pertemuan ini bisa menghasilkan kerjasama dengan perwakilan dari BPKP Provinsi Kepri. Terkait hal tersebut ia mengaku akan segera melaporkan kepada Bupati Lingga untuk persiapan MoU dalam waktu dekat.

Editor: Surya