PKP

H+2 Idul Fitri, Batam Masih Diguyur Hujan Berintensitas Lebat
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 07-06-2019 | 12:04 WIB
hujan-deras2.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Foto: Ist).

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam, merilis sejumlah daerah di Kepulauaun Riau (Kepri) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Tak hanya itu, hujan tersebut dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah sejumlah kecamatan. Seperti Kecamatan Galang, Senayang, Lingga Utara, Lingga Timur, Singkep Pesisir, Singkep Barat, Singkep, Singkep Selatan, Midai, Bunguran Barat, Bunguran Utara, Pulau Tiga, Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan, Serasan, Subi, Serasan Timur, Pulau Tiga, Bunguran Barat, Subi dan sekitarnya.

Prakiraan sementara, kondisi tersebut akan meluas ke wilayah Kecamatan Pulau Laut, Selayar, Lingga, Bintan Pesisir, Gunung Kijang, Moro, Durai, Unggar, Belat, Nongsa, Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga siang hari.

"Adanya kelembapan udara lapisan atas di wilayah Kepulauan Riau yang cukup tinggi menyebabkan peluang pembentukan awan cukup besar," ujar Prakirawan Cuaca BMKG Hang Nadim Batam, Aprilia Susilowati Jumat (07/06/2019).

Diakuinya, selain adanya penumpukan massa udara akibat perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Kepulauan Riau, sehingga turut menambah potensi pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara umum, lanjutnya, kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpeluang hujan yang bersifat lokal serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap potensi adanya hujan lebat dan angin kencang yang dapat menyebabkan kenaikan tinggi gelombang laut pada siang dan dini hari," papar Aprilia

Ia menambahkan untuk transportasi darat dan udara agar waspada berkurangnya jarak pandang mendatar saat terjadi hujan lebat.

Editor: Chandra