PKP

Safari Ramadhan Nurdin di Kijang

Pegang Teguh Alquran, Turun Keberkahan di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 22-05-2019 | 14:52 WIB
safari-nurdin-bintan11.jpg honda-batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun safari ramadhan di Kijang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur H Nurdin Basirun menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1440 H Tingkat Provinsi Kepri tahun 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan, tepatnya di Masjid Besar Nurul Iman, Kijang, Selasa (21/5/2019) malam.

Dalam sambutannya, Nurdin mengajak semua kaum muslimin di Kepulauan Riau dalam merefleksikan peringatan Nuzulul Quran agar memegang teguh pedoman kehidupan baik dunia juga akhirat yakni Alquran.

"Dengan teguhnya diri dengan pedoman alquran bukan hanya dibaca namun diamalkan secara nyata, InsyaAllah akan turun keberkahan di bumi Kepri ini,"ujar Nurdin.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Provinsi Kepri bersama Kabupaten dan Kota memiliki niat dan tujuan yang sama yakni bagaimana mendorong dan membangun kekokohan bidang keagamaan, menciptakan generasi muda yang qurani dengan terus membangun masjid dan mushola, Pondok Pesantren, juga mensejahterakan guru-guru TPQ dengan pemberian insentif.

"Tentu prioritas kegamaan yang kita gaungkan sejak dini ini menjadi motivasi besar kita, dengan pemimpin dan masyarakatnya beriman dan bertaqwa tentu tidak ada keraguan bagi kita untuk terus memajukan daerah," lanjut Nurdin.

Nurdin juga bercerita tentang singkatnya kehidupan manusia didunia, tidak terasa saja bulan ramadan sudah masuk kepertengahan, begitupun waktu manusia yang siapapun tidak tahu sampai kapan diberi kesempatan hidup.

"Maka semua yang kita miliki baik harta, keluarga, dan jabatan sekalipun akan tinggal didunia, tinggal kita sendirilah dengan bekal amal. Maka hiduplah dengan al quran sebagai pedoman," tambah Nurdin.

Sementara itu, Ketua PHBI Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan bahwa pelaksanaan peringatan Nuzulul Quran merupakan salah satu perpanjangan dalam upaya meningkatkan pemahaman alquran dalam kehidupan.

"Peringatan Nuzulul Quran bukan hanya diresapi sebagai upaya mempelajari alquran dalam konteks bacaan saja namun nilai yang terkandung didalamnya pun turut diaplikasikan secara utuh dan menyeluruh dalam membentuk akhlak mulia bagi masyarakat," ujar Arif.

Arif juga melaporkan, dalam peringatan Nuzulul Quran malam ini, diundang penceramah KH. M. Rusli Amin, MA yang akan mengisi tausiyah agama. Selain itu dilaporkan pula, seiring meningkatnya seni baca quran di Kepri, malam ini secara simbolis Gubernur akan menyerahkan Insentif kepada Guru TPQ serta Imam dan Hafiz Quran se Provinsi Kepri dengan rincian 11.350 orang (Guru TPQ) dan (147 orang Imam dan Hafizh).

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Quran membawa suasana semarak akan syiar keagamaan, umat dituntut untuk terus mengembangkan nilai al quran sebagai petunjuk kehidupan.

"Peringatan yang srtiap tahun ini kita lakukan adalah berupaya bagaimana kita mampu mengambil hikmah bahwa alquran merupakan satu-satunya petunjuk dalam menjalankan kehidupam baik didunia maupun akhirat," ujar Apri.

Apri melanjutkan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri yang begitu peduli dengan peningkatan bidang keagamaan yang saat ini terus digaungkan tentu sejalan dengan program yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota.

"Harapan kita program pengembangan siyar agama ini akan semakin meningkat sehingga iman pun akan tebal dan kokoh dalam menjalankan kehidupan," lanjut Apri.

Sebelumnya, Nurdin beserta rombongan menunaikan shalat magrib dan berbuka puasa di Masjid Al-Mau'zoh, Jl. Tekojo, Kijang. Acara sendiri dibuka dengan penyerahan sejumlah bantuan antara lain untuk pengurus masjid, imam dan bilal.

Dalam sambutannya, Nurdin kembali membahas tentang turunnya al quran ke bumi yang mana sebagai pedoman hidup diharapkan dari al quran lah manusia harus senantiasa belajar meraih kesuksesan baik didunia maupun akhirat.

Jajaran Pemerintah Provinsi Kepri sendiri, dikatakan Nurdin dalam perjalanannya selalu mengutamakan kekeluargaan disamping profesionalitas dan kemampuan dalam bekerja, Jabatan yang dimiliki saat ini bukan menjadi sebuah kebanggaan secara pribadi.

"Namun lebih diutamakan mencari keberkahan dalam upaya mewujudkan kebutuhan dan mencapai kesejahteraan masyarakat," lanjut Nurdin.

Kepada pengurus masjid, tak lupa Nurdin menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang didapat sehingga bisa bertemu silaturahmi dalam rangkuman berbuka puasa bersama.

"Kita tahu bahwa momen berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu bagi orang berpuasa, salah satu momen dimana doa dikabulkan maka dengan kesempatan ini mari kits berdoa untuk kemajuan Kepri," ajak Nurdin.

Kemudian, Perwakilan Pengurus Masjid Sukono mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan safari ramadan Gubernur, dirinya secara pribadi memohon maaf jika terdapat kekurangan dalam penyambutan rombongan.

Sukono juga menceritakan terkait pembangunan masjid yang mana saat ini terus dibangun dengan swadaya masyarakat, untuk tahun 2019 sendiri masjid akan membangun kamar mandi dan tempqt wudhu.

"Sekiranya kedatangan Bapak mendapat keberkahan bagi masjid kami, semoga bapak pun selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun Provinsi Kepri," pungkasnya.

Editor: Yudha