Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunaikan Zakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 20-05-2019 | 17:16 WIB
zakat-nurdin1.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wagub Kepri Isdianto membuka secara resmi Layanan Pembayaran Zakat Pimpinan Daerah. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur H Nurdin Basirun yakin kesadaran masyarakat Kepri menunaikan zakat yang merupakan salah satu kewajiban semakin tahun semakin meningkat. Karena itu diharapkan dapat terus mendorong kesejahteraan masyarakat Kepri.

"Semoga program ini dapat terus mendorong masyarakat agar kedepan semakin sejahtera," ujar Nurdin saat membuka secara resmi Layanan Pembayaran Zakat Pimpinan Daerah dan Duta Zakat Provinisi Kepri 1440 H / 2019 M di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/5/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur H Isdianto, Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Kepala OPD, FKPD, Ketua LAM Kepri Abdul Razak, Ketua BP3KR Huzrin Hood beserta tamu undangan lainnya.

Nurdin pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada jajaran Baznas atas sumbangsih dan kerjasama yang dilakukan sehingga kemudahan didapat masyarakat semua elemen terkait serta lancarnya pembayaran zakat.

"Untuk itu diharapkan kepada seluruh jajaran Baznas agar terus menciptakan berbagai inovasi dalam memberikan pemahaman dalam membayar zakat," lanjutnya.

Selain itu, Nurdin yang turut membahas terkait pengelolaan koperasi mengatakan jika hal tersebut dikelola dengan baik dan berkesinambungan maka akan dapat menjadi pendorong untuk kebangkiyan ekonomi kerakyatan di daerah.

"Kepada para pengurus koperasi serba usaha di Kepri semoga dapat mengelola dengan baik sehingga dapat ikut mendorong peningkatan perekonomian," tambah Nurdin.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Kepri KH Mustamin Husein dalam sambutannya melaporkan sejumlah pencapaian yang dilakukan oleh Baznas Kepri pada tahun 2018 lalu baik secara umum maupun terkait Zakat Pimpinan.

"Alhamdulillah mengikuti Pemerintah Pusat yang mana pada 16 Mei lalu Presiden RI beserta seluruh Menteri dan Eselon 1 telah melakukan pembayaran zakat pimpinan," ujar Mustamin.

Untuk Pemprov Kepri sendiri pada tahun 2018 untuk Zakat Pimpinan terkumpul sebanyak Rp 43 juta dan untuk tahun 2019 ini ditargetkan bisa sampai Rp 200 juta.

Kemudian untuk total dana Zakat yang Baznas Kepri Kumpulkan selama tahun 2018 adalah sebesar Rp 4,2 miliar dengan 1.786 Jiwa Muzzaki dan dibagikan kepada 5.484 Jiwa Mustahik. Lalu untuk Zakat Mal sebesar Rp 26 miliar dengan Muzzaki se Kepri berjumlah 14 ribu jiwa dan Mustahik sebanyak 28 ribu jiwa.

"Target kita tahun ini adalah sebesar Rp 5,9 miliar, alhamdulillah kesadaran masyarakat di Kepri semakin meningkat," lanjut Mustamin.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bingkisan lebaran kepada 1.800 orang anggota Korpri dan Koperasi Serba Usaha di Lingkungan Provinsi Kepri.

Acara ditutup dengan Penyematan Duta Zakat Provinsi Kepri 2019 kepada Nurdin Basirun yang merupakan Gubernur pertama se-Indonesia yang mendapat gelar tersebut.

Editor: Yudha