PKP

Heboh, Nelayan Kampung Kelam Tanjungpinang Temukan Ikan Dugong
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 18-05-2019 | 09:52 WIB
dugong-kelam.jpg honda-batam
Warga saat mengevakuasi ikan dugong temuan nelayan Kampung Kelam ke darat, Sabtu (18/5/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kairul alias Bujang, seorang nelayan di Kampung Kelam, Pulau Dompak, Tanjungpinang tak menyangka bakal menemukan ikan dugong tersangkut di jaringnya. Pasalnya, ikan tersebut merupakan jenis ikan langka yang sangat jarang bisa didapat.

Temuan ikan dugong berukuran besar itu sontak membuat warga heboh. Bahkan, ikan yang sudah mati itu pun menjadi tontonan warga, di mana memang baru kali ini ada nelayan di daerah itu yang menemukan ikan dugong.

Dikatakan, Khairul pada Jumat (17/5/2019), dia menebar jaring di tengah laut yang kedalamannya sekitar 3 Meter. Besoknya, Sabtu (18/5/2019) pagi, saat dia hendak mengangkat jaring tersebut, ada ikan langka yang tersangkut.

"Buang jaring sore semalam, kemungkinan kenak jaring malam tadi. Kalau kenak subuh tadi mungkin masih hidup, tetapi ini sudah mati ikannya," ujar Bujang.

Ia menjelaskan, selama puluhan tahun dirinya menjadi nelayan baru kali ini, melihat dan mendapatkan ikan dugong. Selama ini hanya mendapatkan ikan yang biasa dikonsumsi.

"Karena saya pakai sampan kecil, jadi saya seret saja sampai ke tepi laut," katanya.

Menurutnya, laut di sekitar kampung ini tidak dalam hanya sekitar 3 Meter. Sehingga, menurut dia hal yang tidak mungkin ada ikan dugong di perairan itu.

"Tak pernah lihat terakhir puluhan tahun lalu. Yang sering terlihat ikan lumba-lumba," tutupnya.

Editor: Gokli