PKP

Jumlah Pemudik Melalui Bandara Hang Nadim Diprediksi Menurun 10 Persen
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 17-05-2019 | 16:04 WIB
suwarso13.jpg honda-batam
Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemudik yang melalui bandara Internasional Hang Nadim Batam diperkirakan menurun 10 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, penurunan angka pemudik di tahun 2019 ini dikarenakan banyak faktor.

"Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan hingga 10 persen ini antara lain harga tiket yang semakin mahal hingga kebijakan bagasi berbayar," kata Suwarso di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (17/5/2019).

Lanjut Suwarso, keadaan ini berbanding terbalik dari tahun 2018 lalu dimana antusias masyarakat untuk berburu tiket mudik lebaran cukup tinggi.

Melambungnya harga tiket sejak awal tahun 2019 ini pun membuat penurunan yang signifikan. Sampai dengan saat ini sudah tercatat penurunan pemudik di bulan Ramadhan 2019 dari tahun sebelumnya mencapai 10 persen.

Tercatat pada tahun 2018 lalu, ada sekitar 150 ribu orang yang menggunakan jalur udara meninggalkan Batam terhitung sejak H min 8 Ramadhan hingga H plus 13 Ramadhan.

"Artinya ada penurunan sekitar 15 ribu pemudik di tahun 2019 ini. Namun, kita optimis bahwa pemudik di tahun 2019 ini akan meningkat pada H min 6 Lebaran nanti," tutupnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, aktifitas di Bandara Hang Nadim Batam mulai dari pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan sangat sepi dari pada tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, konter-konter maskapai penerbangan pun terlihat lengang.

Editor: Yudha