PKP

Dam Harapan Mulai Terisi Air Baku, Penggiliran Setiap Rabu dan Sabtu Masih Berlanjut
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 17-05-2019 | 12:40 WIB
dam-sei-harapan1.jpg honda-batam
Dan Harapan mulai terisi air kembali. (ATB)

BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan yang turun beberapa hari terakhir di Batam cukup menambah level air baku Dam Harapan. Level air Dam Harapan mulai meningkat meski belum dalam kondisi aman. Penggiliran air dari IPA Harapan masih tetap berjalan dua kali setiap pekannya.

"Intensitas hujan yang turun akhir-akhir ini sebagai awal yang bagus, Dam Harapan sudah mulai terisi, namun masih belum dalam batas aman untuk dihentikan rationing. Kita berharap curah hujan turun lebih banyak di area Dam," jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Jumat (17/5/2019).

Dam Harapan kondisinya masih minus, level air baku di Dam Harapan saat ini masih berada di level minus 145 centimeter dari permukaan spillway. Penghentian rationing belum bisa dilakukan mengingat kondisi Dam belum dalam perfoma baik.

"Rationing dihentikan apabila Dam Harapan sudah dalam kondisi pulih, ditambah lagi intensitas hujan cukup tinggi di area Dam juga diperlukan," harap Maria.

Program penggiliran air bersih masih tetap berlangsung setiap pekannya yakni Sabtu dan Rabu. Selama penggiliran berlangsung IPA Harapan tidak berproduksi selama 24 jam mulai pukul 00.00-24.00 WIB.

"Kami tetap menghimbau pelanggan untuk tetap berhemat dan bertoleransi menggunakan air selama penggiliran," harap Maria.

Pelanggan diharapkan lebih memahami saat proses penggiliran berlangsung. Proses normalisasi suplai air tidaklah sama dengan listrik, sehingga membutuhkan waktu sampai ke pelanggan.

"Suplai air mengalir akan membutuhkan waktu, hal ini menyebabkan suplai air terkadang tidak sesuai jadwal ke pelanggan, apalagi wilayah pelanggan yang jauh dan berada di daerah ujung pipa," tambah Maria

Mengurangi potensi lamanya air tidak mengalir ke pelanggan di ujung pipa atau di lokasi tinggi, adalah dengan bertoleransi memakai air. Agar pelanggan lainnya yang berada di ujung pipa dan elevasi tinggi tetap bisa menggunakan air.

"Kami selalu menghimbau ke pelanggan agar berhemat memakai air bersih, gunakan air seperlunya bukan secukupnya. Lebih penting lagi bisa bertoleransi menggunakan air bagi pelanggan lainnya," utup Maria.

Rationing diberlakukan bukan untuk membatasi pelanggan menggunakan air. Namun mengingatkan pelanggan untuk dapat mensiasati penggunaan air agar lebih hemat.

Krisis air bukan kesalahan produksi dan pendistribusian air bersih dari ATB. Namun karena berkurangnya jumlah air baku akibat volume air di dam menyusut. Bertoleransi dalam menampung dan menggunakan air seperlunya, bukan secukupnya.

Editor: Chandra

Melalui Program Cahaya Ramadhan GRANADA, pelanggan dapat mengajukan tambah daya mulai dari 2200 VA (Volt Ampere) sampai dengan 197 kVA (kilo Volt Ampere).

“Selama Ramadhan, biasanya pemakaian listrik pelanggan cenderung meningkat. Untuk itu kami ingin memberikan kenyamanan melalui Program Cahaya Ramdhan GRANADA, dimana pelanggan dapat mencukupi kebutuhan daya listrik dengan tidak dikenakan biaya penyambungan. Cukup membayar penyesuaian Uang Jaminan Langgnanan (UJL) saja,” ujar Corporate Secretary bright PLN Batam, Denny Hendri Wijaya, Jumat (17/5/2019).

Program ini serentak dilaksanakan di 4 (empat) area kantor pelayanan bright PLN Batam hingga 15 Juni 2018.

“Bagi pelanggan yang ingin mendaftar silahkan datang ke kantor area pelayanan kita yang tersebar di beberapa wilayah antara lain Batam Centre di area perkantoran Imperium depan Polresta Barelang, Kantor area Tiban yang terletak tidak jauh dari pusat kuliner Tiban Centre, Kantor area Batuaji di SP Palza dan Kantor area Nagoya di ruko Nagoya Centre samping Hotel Allium,” papar Denny.

Hal senada juga diungkapkan Executive Vice President Commercial, bright PLN Batam, Agus Subekti. Dimana program Cahaya Ramadhan GRANADA memberikan beberapa kemudahan bagi pelanggan, pertama pelanggan tidak dipungut biaya penyambungan, kedua pelanggan tidak harus menunggu lama untuk menikmati listrik.

“Bagi calon pelanggan yang ingin mendaftar diharapkan cukup membawa syarat-syarat diantaranya foto copy KTP, foto copy Bukti kepemilikan rumah dan rekening listrik terakhir. Namun untuk kondisi tertentu Program Cahaya Ramadhan GRANADA tidak dapat kami berikan. Adapun kondisi tersebut adalah; pelanggan yang bersangkutan menunggak pembayaran listrik dan pelanggan yang sudah mengikuti promo pasang baru gratis listrik sebelumnya, seperti Pasti Nyambung dan Cepat Terang,” jelas Agus.

Dengan adanya program 'Pasti Nyambung dan Granada' bright PLN Batam berharap masyarakat dapat menikmati listrik yang lebih layak dan mengurangi tindakan pemakaian listrik secara ilegal.

“Masyarakat yang listrik rumahnya sering jatuh dapat memanfaatkan program ini, kita juga akan memasuki bulan puasa tentunya akan sangat membantu ibadah kita jika listrik memadai,” tutup Agus Subekti.

Editor: Chandra