PKP

Kepergok 'Mojok' dengan Janda, Dua Pencari Suaka di Tanjungpinang Diamankan Petugas
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 17-05-2019 | 08:40 WIB
janda-cari-bibit.jpg honda-batam
Dua pencari suaka bersama dua janda setelah diamankan Satpol PP Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satpol PP Kota Tanjungpinang mengamankan 2 orang warga negara (WN) Afganistan yang sedang 'mojok' dengan 2 orang janda di Tugu Raja Fisabilillah, Tepi Laut Tanjungpinang, Rabu (15/5/2019) pukul 00.15 WIB.

Kedua orang asing itu merupakan pencari suaka (imigran) yang tinggal di penampungan Hotel Hermes, Kawal, Bintan, di antaranya Mustofa dan Shakat. Sedangkan kedua janda itu berinisial AD dan SM, warga Tanjungpinang.

Kasi Ops Satpol PP Tanjungpinang, Dian Asmara Siregar mengungkapkan, pengamanan kedua imigran ini berawal pada saat pihaknya melaksanakan patroli rutin di sekitaran wilayah Kota Tanjungpinang dengan tujuan untuk menjaga ketertiban.

"Sampainya di TKP anggota melihat melihat 2 pasangan di bawah Jembatan Lingkar Tugu Fisabilillah," ungkap Dian, Kamis (16/5/2019) malam.

Lebih lanjut, Dian mengungkapkan, anggotanya mendatangi ternyata 2 pasangan tersebut adalah 2 warga asing Afganistan dan 2 orang perempuan WNI. Setelah itu dibawa ke kantor Satpol PP Tanjungpinang untuk dimintai keterangan.

"Ternyata 2 warga asing imigran ini tidak memiliki tanda pengenal identitas, begitu juga 2 orang janda tersebut," katanya.

Karena tidak memiliki identitas, kemudian pihaknya menghubungi Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang untuk menyerahkan kedua imigran tersebut. "Dini hari itu juga keduanya kami serahkan ke Rudenim," tutupnya.

Editor: Gokli