PKP

Sempat Kering, Ruli Tembesi Pandan Aran Kembali Terendam Banjir
Oleh : Hendra
Kamis | 16-05-2019 | 18:40 WIB
banjir-lagi-ruli.jpg honda-batam
Kondisi Ruli Tembesi Pandan Aran yang kembali terendam banjir, Kamis (16/5/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banjir kembali merendam sejumlah rumah warga di Ruli Tembesi Pandan Aran, Kelurahan Kibing, Batuaji, Kamis (16/5/2019).

Padahal pihak kelurahan melalui Dinas Bina Marga telah melakukan pengerukan di area sekitar parit untuk membuka jalur aliran baru menuju parit lain di sekitar Ruli tersebut.

Parahnya, baru 2 jam hujan turun, Ruli tersebut seketika kembali terendam banjir. Bahkan jalur pengaliran air yang baru dibukakan oleh Dinas Bina Marga tidak mampun menampung volume air di sekitar Ruli.

Menurut warga, permasalahan utama hanyalah pada akses jalur air utama, yang saat ini telah tersumbat akibat pembangungan jalan oleh pengembang perumahan di daerah itu.

"Sehari kemarin sempat kering, sempat mau kita tempatin lagi. Dan pas hari ini hujan deras sekitar 2 jam dan kembali tergenang," ujar Mulyono, Kamis.

Warga mengatakan, jalur air telah diperbaiki dan dibuka akses menuju arah lain, tetapi tetap akan terus banjir karena kondisi wilayah rumah mereka yang telah menjadi rendah akibat pembangunan jalan.

"Selama ini gorong-gorong utamanya adalah yang melintangi jalan ini. Namun karena pembangunan jalan, aksesnya jadi terkendala, tertutup sepertinya," lanjut Ahmad, warga lainnya.

Bahkan warga telah mengadukan hal ini ke pihak Dinas Bina Warga saat akan melakukan pengerukan pada parit tersebut, tetapi tidak diindahkan. "Jadi kembali seperti ini lagi, banjir terus," pungkasnya.

Editor: Gokli