PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU BC Tipe B Batam Gelar Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK
Oleh : Romi
Kamis | 16-05-2019 | 13:43 WIB
bea-cukai.jpg honda-batam
Pencanangan Zona Intrgritas Menuju WBK oleh KPU BC Tipe B Batam. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam (KPU BC Tipe B Batam) melaksanakan pencanangan Zona lntegritas (Zl) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), bertempat di aula lantai 3 KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Kamis (16/5/2019).

Kepala KPU BC Tipe B Batam, Susila Brata, mengungkapkan, pencanangan tersebut dilakukan sebagai komitmen Bea Cukai dalam mewujudkan clean government serta good governance yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang telah menetapkan 12 belas kawasan strategis pelabuhan laut dan bandar udara sebagai lokasi dari pregram tersebut.

Kedua belas kawasan itu meliputi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Sekupang Batam, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya. Bandara Kualanamu Medan. Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

"Untuk wilayah Batam, terdapat dua tempat yang termasuk ke dalam kawasan strategis sesuai program Kemenpan RB, yakni Pelabuhan Sekupang dan Bandara Hang Nadim. Sehingga, kita juga ikut mencanangkan ZI menuju WBK ini," ujar Susila.

Dengan pencanangan Zl menuju WBK ini, diharapkan KPU Bea Cukai Tipe B Batam menjadi institusi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Serta, memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa secara optimal, transparan, dan memenuhi kepuasan semua pemangku kepentingan," lanjutnya.

Acara dihadiri pimpinan/perwakilan dari 17 instansi pemerintah maupun dunia usaha diantaranya Polda Kepri, BP Batam, Balai Karantina Pertanian Batam, Kemudian Kantor lmigrasi Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Himpunan Kawasan Industri, BUBU Hang Nadim, Kantor Wilayah DJP Kepulauan Riau, KPKNL Batam, KPPN Batam, serta instansi lainnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemukulan gong sebagai bentuk pencanangan ZI menuju WBK diresmikan. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara KPU BC Tipe B Batam bersama instansi terkait.

Editor: Chandra