PKP

Tinjau Kondisi Kebakaran di Moro, Nurdin Sewa Speedboat dari Riau ke Karimun
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 23-04-2019 | 18:52 WIB
nurdin-pasar-moro.jpg honda-batam
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat meninjau kondisi Pasar Moro, Kabupaten Karimun yang habis dilalap si jago merah, Selasa (23/4/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun rela berlayar malam dari Tanjung Buton, Riau ke Tanjung Samak Meranti, untuk menyeberang ke Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (23/4/2029) dini hari.

Semua ini terpaksa dilakukan setelah mendapat kabar terjadi kebakaran hebat di Kecamatan Moro. Di mana, kecamatan itu merupakan daerah padat penduduk di Kabupaten Karimun.

Sebelumnya, Nurdin bersama sejumlah pejabat pemerintah Provinsi Kepri menghadiri RUPS Bank Riau Kepri di Pekanbaru. Namun sekitar pukul 23.30 WIB, dirinya memperoleh kabar, Pasar Moro terbakar.

Mendengar kabar tersebut, membuat Nurdin harus meninggalkan Pekanbaru lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Apalagi kawsan yang terbakar cukup padat serta salah satu jalur utama pintu masuk ke Moro, membuat Nurdin memutuskan untuk bergerak cepat turun ke lokasi kebakaran.

Seteah menempuh jalan darat sekita 2 jam 30 menit dari Pekanbaru ke Buton, Nurdin bersama Karo Umum dan Perlengkapan, Martin Maromon; Karo Humas Protokol dan Penghubung, Nilwan serta Kabag Humas dan Dokumentasi, Zulkifli, menyewa speedboat dari Buton ke Tanjungsamak Kabupaten Meranti.

Dari Tanjungsamak, selanjutnya rombongan naik speedboat sekitar 90 menit ke Kecamatan Moro melalui Perairan Selat Melaka. "Walau naik kapal yang sangat sederhan, yang penting, pagi harus bisa sampai di Moro, untuk melihat secara langsung dan memberi dukungan kepada korban," kata Nurdin.

Sekitar pukul 06.00 WIB pagi, Gubernur Nurdin tiba di lokasi kebakaran. Di sana, selain memberi dukungan pada korban, Nurdin juga membantu warga, serta memberi arahan serta solusi ke depan.

Kepada pihak terkait, Nurdin meminta agar memperhatikan sekitar pelabuhan yang dilalui masyarakat. Karena sangat rawan dan bahaya, sebab jika tidak diperhatikan akan menimbulkan masalah baru.

"Ke depan pemerintah akan membantu menyedikan mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Moro ini," ujarnya.

Camat Moro, Ratna, selain melaporkan kondisi korban, juga mengucapakan terima kasih kepada Gubernur atas gerak cepatnya yang langsung turun ke lokasi. Camat mengaku sangat terharu atas ketanggapan Gubernur terhadap bencana yang terjadi, serta kepedulian Gubernur terhadap masalah di daerahnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kapolsek Moro, AKP Heri. Tokoh masyarakat Tionghua Moro, Moti, sangat memgapresiasi dengan cepatnya tindakan Gubernur. Dia pun terkejut karena tau kalau Gubernur datang dari Pekanbaru, bukan dari Tanjungpinang.

Editor: Gokli